PROGRAM ECO HEALTHY COMMUNITY MELALUI SERVICE LEARNING PADA MASYARAKAT BINAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Nildawati Amir* -  , Indonesia
Azriful Azriful -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Asdim Asdim -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v6i1.2884

Program eco healthy community adalah program komunitas yang berbasis lingkungan, kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendampingan kepada masyarakat binaan UIN Alauddin Makassar yaitu masyarakat sekitar kampus dengan membuat bank sampah sebagai salah satu wadah untuk menciptakan lingkungan wilayah binaan sekitar kampus peduli dengan sampah yang berserakan dan merusak estetika lingkungan bahkan menjadi sarang vektor sebagai penyebar penyakit. Dengan adanya program bank sampah maka masyarakat dapat merubah paradigma tentang sampah menjadi suatu barang yang bernilai ekonomis. Metode pelaksanaan kegiatan pengabadian yang digunakan  adalah Community Based Research (CBR) dengan metode PAR Participatory Action Research (PAR). Lokasi yang dipilih sebagai tempat kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.  Progress kegiatan bank sampah ini dimulai sejak bulan Agustus 2019 dan terus beroperasi hingga saat ini.  Hasil pelayanan Bank Sampah dapat dilihat dari keadaan sekitar kampus yang mulai terlihat bersih dan sampah-sampah tidak berserakan kemana-mana, juga partisipasi dari masyarakat sekitar kampus yang menjadi nasabah bank sampah hingga mencapai omset sebesar Rp. 2.837.137,- pada bulan pertama. Bank Sampah ini juga  telah menjadi tempat sampah percontohan di UIN Alauddin Makassar dan beberapa kampus lainnya. Diharapkan masyarakat kampus lebih berpartisipasi dalam mengumpulkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis dan menjadi nasabah bank sampah guna menciptakan lingkungan kampus yang bebas sampah.

Supplement Files

Keywords
Eco Healthy Community, Service Learning, Bank Sampah
  1. Kementrian Lingkungan Hidup. (2012). Buku Profil Bang Sampah Indonesia. Jakarta.
  2. Kementerian Lingkungan Hidup. (2018). Indonesia Bergerak Bebas Sampah 2020. Jakarta.
  3. Radjiman E A. (2019). Pengendalian Sampah Berbasis Partisipatif Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
  4. Risnawati. (2017). Pengelolaan Sapah Di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Tahun 2017. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
  5. Sukmawati F. (2019). Analisis Pengelolaan Sampah Berbasis Partisipatif Di FKIK Uin Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Supp. File(s):

Subject
Type Research Instrument
  Download (5MB)    Indexing metadata
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (5MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-08-04
Published: 2022-07-12
Section: Articles
Article Statistics: