PENDAMPINGAN ANTI BULYYING SISWA SMP DENGAN PENGUATAN AKHLAK, EMPATHY, DAN LANGUAGE POLITENESS
DOI : 10.24269/adi.v8i2.10197
Bullying di kalangan pelajar telah menjadi isu serius dalam pendidikan modern, mempengaruhi kesejahteraan emosional dan akademis para siswa. Pendekatan yang komprehensif diperlukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah pendampingan anti-bullying yang mengintegrasikan penguatan akhlak, empati, dan kesantunan berbahasa.Pendampingan anti-bullying berfokus pada pembentukan karakter melalui pengembangan akhlak yang kuat. Hal ini mencakup penanaman nilai-nilai seperti kejujuran, integritas, dan tanggung jawab sosial, yang bertujuan untuk mendorong perilaku yang menghormati dan menghargai individu lain. Pelaksanaan abdimas ini menggunakan dua metode yaitu sosialisasi anti bullying dan pendampingan anti bullying dengan penguatan akhlak, empati, dan kesantunan berbahasa. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs M 5 Sidoharjo. Hasil dari pengabdian ini diharapkan siswa memperoleh pemahaman tentang Bullying, jenis-jenis bullying, dan cara menangani anti bullying dengan pendampingan siswa yang bermasalah, pendampingan peningkatan pendidikan karakter siswa dengan penguatan akhlak, empati, dan kesantunan berbahasa.
Keywords
Bullying, emphati training
- H. Mutisari and L. Yarni, "Fenomena Bullying Di Kalangan Siswa SMP 1 Tara," Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan(JKPPK), pp. 72-86, 2023.
- A. W. Rachma, "Upaya Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah," Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, pp. 2777-0818, 2022.
- Kutsyiyah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Jawa Timur: Duta Media, 2019.
- R. S. Wijaya and I. , "Pengaruh Narsisme dan Emptai dalam Pengambilan Keputusan Etis pada Mahasiswa Akuntasi," Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, p. 45, 2021.
- B. W. J. Santoso, Kesatuan Berbahasa, Surabaya: LPPM UNNES, 2021.