PENERAPAN MEDIA SMART BOX UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS SISWA DI SDN JATIADI 1

Mohammad Mohammad -  Universitas Panca Marga, Indonesia
Muhammad Saiful Ansori -  Universitas Panca Marga, Indonesia
Rizka Amelia Putri -  Universitas Panca Marga, Indonesia
Halimah Halimah -  Universitas Panca Marga, Indonesia
Djoko Wahyudi* -  Universitas Panca Marga, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v8i2.10182

Penerapan Media Smart Box ini bertujuan untuk meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa dan mengukur tingkat perkembangan literasi siswa dalam membaca dan menulis. Tim pengabdi memanfaatkan media Smart Box agar lebih mendukung proses pembelajaran lebih inovatif dan kreatif. Program dilaksanakan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi secara bersiklus agar mencapai peningkatan sesuai yang diharapkan serta bisa memecahkan masalah yang ada di dalam pembelajaran. Program ini dilakukan di SDN Jatiadi I, sasaran adalah siswa kelas III sejumlah 13 peserta didik. Hasil belajar pada Siklus I mencapai persentase 15% ketidaktuntasan, dikarenakan pada siklus I masih tergolong rendah dan belum tercapai. Maka peneliti melanjutkan untuk melakukan tindak lanjut di Siklus II, sehingga mencapai persentase ketuntasan 95% dan persentase ketidaktuntasan mencapai 5%. 
Keywords
Literacy, Smart Box Media, SPOK
  1. Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
  2. Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
  3. Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
  4. Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
  5. Komalasari, D. N., Hardiningsih, S., Mulyadi, M., & Wulandari, S. (2024). Pengembangan Media Smart Box Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii SDN Inpres Mangge Dalam Kec. Lambu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.9638
  6. Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
  7. Maulidiana, F., Arya Wardana, L., & Jannah, F. (2024). Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1664–1675.
  8. Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293
  9. Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
  10. Widiada. (2022). Zikrika Nadya1, I Ketut Widiada2, Muhammad Tahir3 Program Studi PGSD,. Widiada, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
  11. Zuhroh, L. F., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2021). Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterlibatan Orangtua pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas V di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 309. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14530

Article Info
Submitted: 2024-08-25
Published: 2024-09-30
Section: Articles
Article Statistics: