TINGKAT LITERASI INFORMASI MAHASISWA STT LUTHERAN YOGYAKARTA

Yoga Dendy Rinanda* -  Sekolah Tinggi Teologi Lutheran, Indonesia
Indah Wijaya Antasari -  UIN Saizu Purwokerto

DOI : 10.24269/pls.v8i2.8224

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta berdasarkan The Seven Pillars. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan populasi mahasiswa aktif di STT Lutheran Yogyakarta sebagai responden sejumlah 26 orang. Metode dalam pengambilan data menggunakan survei, kuensioner, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yang menunjukkann nilai dari setiap subvariabel the seven pillars adalah: pilar 1 mengenali kebutuhan informasi (recognize information need) 3,15; pilar 2 mengetahui sumber relevan (distinguish ways of addressing gap) 3,17; pilar 3 strategi pencarian informasi (contruct strategies for locating) 3,44; pilar 4 menemukan lokasi dan akses (locating and access) 3,09; pilar 5 membandingkan dan mengevaluasi informasi (compare and evaluate) 3,24; pilar 6 mengatur informasi, menerapkan dan mengkomunikasikan (organize, apply, and communicate) 3,47; pilar 7 mensintesis dan menciptakan informasi baru dan menyebarkannya (synthesise and create) 3,10. Dengan keseluruhan rata-rata nilai variabel yaitu 3,24, dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta masuk kategori baik.

Keywords
Literasi informasi; The seven pillars; SCONUL
  1. Abidin, Y., Tita, M., & Hana, Y. (2018). PEMBELAJARAN LITERASI : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
  2. Antasari, I. W. (2017). Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Iain Purwokerto Berdasarkan Model The Seven Pillars. LOKAKARYA NASIONAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 137–150.
  3. Hasnadi. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. [http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/551/396](http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/551/396)
  4. Huda, H., & Rendi, A. W. (2020). Budaya Literasi, Mencerdaskan Anak Negeri. 01. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/5011/3101
  5. Kaban, D. M., Sihombing, G. L. A., & Tambunan, A. M. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Stgh-Hkbp Sipoholon. DIKAIOS: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, 2. [https://dikaios.iakntarutung.ac.id/index.php/dikaios/article/view/11](https://dikaios.iakntarutung.ac.id/index.php/dikaios/article/view/11)
  6. Laksmi. (2023). Metode Penelitian Perpustakaan (2nd ed.). Universitas Terbuka.
  7. Mansyur, U. (2019). GEMPUSTA: Upaya Meningkatkan Minat Baca. https://www.researchgate.net/profile/Umar-Mansyur/publication/337671871_Gempusta_Upaya_Meningkatkan_Minat_Baca/links/5de4824c4585159aa45a0c04/Gempusta-Upaya-Meningkatkan-Minat-Baca.pdf
  8. Sudarsana, U. (2019). Pembinaan Minat Baca (1st ed.). Universitas Terbuka.
  9. Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. JURNAL DIKDAS BANTARA, 1(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105
  10. Wulandari, D. R., & Sholeh, M. (2021). EFEKTIVITAS LAYANAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. 09.
  11. Yani, F., & Ritonga, M. K. (2022). Minat Baca dan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 354–362. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43787

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-22
Published: 2025-02-17
Section: Articles
Article Statistics: