ANALISIS PERUBAHAN LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASES 2019 (COVID-19) (Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Muhammad Rahmani Yusuf* -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Hayatuddiniyah Hayatuddiniyah -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v4i2.3121

Perubahan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19 ini membutuhkan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga membuat kebijakan baru agar tetap dapat memberikan layanan yang maksimal terhadap pemustaka. Seperti halnya jaringan layanan, yang mana yang biasanya mengharuskan pemustaka datang ke perpustakaan untuk dapat melakukan peminjaman dan ada koleksi perpustakaan, berubah menjadi layanan online atau jarak jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pada sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil analisis dari penelitian ini adalah Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengeluarkan dua kali tahapan kebijakan fase darurat yang berbeda.
Keywords
Layanan Sirkulasi, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Coronavirus Diseases 2019
  1. Anggraini, G. (2005). Kajian Pustaka (literature review). https://www.academia.edu/11500074/Kajian_Pustaka_literature_review_
  2. Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  3. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
  4. Dianami, I. (2013). prinsip dan tujuan layanan sirkulasi—PERPUSTAKAAN R@_CHyLlHa. https://sites.google.com/site/layananperpustakaan/jenis-layanan-perpustakaan/layanan-sirkulasi/prinsip-dan-tugas-layanan-sirkulasi
  5. Ibrahim, B. (2000). Pengolahan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Bumi Aksara.
  6. Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
  7. Pamuntjak, R. S. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta : Djambatan.
  8. Pedoman Umum Pengolahan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. (1999). Jakarta Perpustakaan Nasional RI.
  9. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. (2000). Jakarta Perpustakaan Nasional RI.
  10. Rahardjo, M. (2010). Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif. Www.Uin-Malang.Ac.Id. https://www.uin-malang.ac.id/blog/post/read/100601/jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html
  11. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, (2007).
  12. Rudis. (2016, August 8). PUST4104 – Layanan Perpustakaan. Perpustakaan UT. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/pust4104-layanan-perpustakaan/
  13. Septiyantono, T. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : JIPI UIN Sunan Kalijaga.
  14. Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) [Preprint]. EdArXiv. https://doi.org/10.35542/osf.io/h4632
  15. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  16. Sutarno NS. (2006). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-10-21
Published: 2021-02-01
Section: Articles
Article Statistics: