PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (E-COMMERCE) BERDASARKAN KUH PERDATA DAN UU NOMOR 19 TAHUN 2016 (AKUN BUKALAPAK ‘WARUNG MAK KUNAPAH’)

Khamdanah Khamdanah* -  Universitas Stikubank, Indonesia
Arikha Saputra -  Universitas Stikubank, Indonesia

DOI : 10.24269/ls.v6i2.5502

PT. Bukalapak is a company that provides web portal services. Bukalapak provides a platform for online commerce called e-commerce. Warung Mak Kunapah is one of the sellers on the Bukalapak, the seller sells a variety of basic household items including rice, sugar, coffee and so on. If the buyer will make a purchase of goods sold by Warung Mak Kunapah, then the buyer is required to agree to the stages of the purchase on the purchase menu on the Bukalapak website. So that there is a sale and purchase transaction that can be referred to as a sale and purchase agreement with online media or using electronic media. Online buying and selling activities need to be known whether the agreement is legal according to the law. The goal is to find out that online buying and selling activities are legal according to the Civil Code and the ITE Law. And there is legal protection between the parties. In this research, the method used is normative juridical and analytical descriptive. Data collection with secondary data obtained from the literature. Data analysis was carried out using a qualitative descriptive method. The conclusion drawn is that the sale and purchase agreement using electronic media is in accordance with the Civil Code and the ITE Law, and there is legal protection for the parties in the electronic sale and purchase agreement at the Bukalapak E-commerce Company.

Keywords
Perjanjian, Jual Beli, Media Elektronik.
  1. Agista, C. D., Oktavina, M. A., & Tiya, A. R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online (E-Commerce). Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5).
  2. Ananda, R. P., & Yuniawan, A. (2021). Studi Empiris Kepuasan Pelanggan E-Commerce Secara Global. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7).
  3. Anggraeni, R. D., & Rizal, A. H. (2019). Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdataan. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(3).
  4. Atikah, I. (2018). Pengaturan Hukum Transaksi Jual Beli Online (E-Commerce) Di Era Teknologi. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 10(2).
  5. Febriansyah, F. I. (2017). Perlindungan Hukum Pada Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online-Commerce. Jurnal Ilmu Hukum Legal Standing, 1(2).
  6. Fitriah. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Melalui Media Sosial. Jurnal Solusi, 18(2).
  7. Handriani, A. (2018). Keabsahan Perjanjian Jual Beli Secara Tidak Tertulis Berdasarkan Hukum Perdata. Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum, 1(2).
  8. Handriani, A., & Prastini, E. (2020). Ganti Rugi Akibat Wanprestasi Dalam Perjanjian Jual Beli Online Ditinjau Dari pasal 19 Undang – undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Rechtsregel. Jurnal Ilmu Hukum, 4(1).
  9. Hormaini, A., Zamroni, M., & Sasongko, H. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online. Jurnal Reformasi Hukum, 3(1).
  10. Ibrahim, M. Y. (2016). Perjanjian Jual Beli Melalui E-Commerce Berdasarkan Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jurnal Ilmiah Fenomena, 14(2).
  11. Makarim, E. (2012). Kompilasi Hukum Telematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  12. Peraturan Pemerintah RI. Kitab Undang – Undang Hukum Perdata (KUH Perdata). , (2016).
  13. Pranisa, K. S., Dantes, K. F., & Sudiatmaka, K. (2021). Analisis Keabsahan Perjanjian Dalam Transaksi Elektronik Melalui Media Facebook Advertising Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. E Journal Komunitas Yustisia, 4(2).
  14. Pratama, G. (2000). Analisis Transaksi Jual Beli Online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2).
  15. Ramli, A. M. (2000). Perlindungan Hukum Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Hukum Bisnis, 7(5).
  16. Ramli, A. M. (2014). Cyber Law dan HAKI Dalam Sistem Hukum Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.
  17. Rizal, F. R. A., Pondaag, A. H., & Rewah, R. M. (2021). Perjanjian Jual Beli Melalui Internet Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdata. Jurnal Lex Privatum, 9(2).
  18. Rusviana, Z., & Suliantoro, A. (2018). Perjanjian Jual beli Melalui Internet (E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdata. Jurnal Dinamika Hukum, 21(2).
  19. Safitri, W. (2020). Perlindungan Hukum Kontrak Bisnis Di Indonesia Dalam Perspektif Keadilan. Jurnal Ilmu Hukum Legal Standing, 4(2).
  20. Siregar, A. A. (2019). Keabsahan Jual Beli Online Shop Di tinjau Dari Undang – undang nomor 19 tahun 2016 Perubahan atas Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Ilmiah Advokasi, 7(2).
  21. Siregar, S. (2019). Keabsahan Akad Jual Beli Melalui Internet Ditinjau dari Hukum Islam. Edu Tech Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1).
  22. Suharnoko. (2014). Hukum Perjanjian (Teori dan Analisa Kasus). Jakarta: Penerbit Prenada Media Group.
  23. Sumiyati. (2018). Perjanjian Belanja Online Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Sigma-Mu, 10(1).
  24. UU No.19. Undang – Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Undang – undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. , (2016).
  25. Yanti, M. D., Astuti, M., & Hadi, P. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Tokopedia. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-07-07
Published: 2022-09-07
Section: Articles
Article Statistics: