Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Jarak Gap (G/D) pada Silinder Sirkular yang Tersusun secara Tandem terhadap Karakteristik Aliran

Muhammad Khamdan Hanafi -  Universitas Qomaruddin, Indonesia
Novi Indah Riani* -  Universitas Qomaruddin, Indonesia
Aini Lostari -  Universitas Qomaruddin, Indonesia
R. Yudi Hartono -  Universitas Qomaruddin, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v3i02.8053

Aliran melintasi suatu bluff body salah satunya adalah bentuk silinder silkular yang banyak dijumpai dalam aplikasi engineering. Ketika melintasi suatu susunan silinder maka aliran tersebut akan membentuk pola (pattern) tertentu hal ini berdampak terhadap karakteristik aerodinamika dari silinder didalam susunan tersebut. Saat melintasi bodi aliran akan membentuk suatu pola aliran (flow pattern) yang sesuai dengan geometri kontur bodi dan juga menimbulkan gaya – gaya aerodinamika,untuk mengetahui tekanan aliran pada silinder silkular secara tandem. Penambahan pengganggu yang diletakkan di depan silinder sirkular bertujuan untuk mempercepat aliran dari laminar ke turbulen sehingga separasi aliran bisa ditunda lebih lambat sehingga pressure drag yang dihasilkan lebih kecil Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan dua buah silinder sirkular disusun secara tandem berdiameter (D) 25 mm dengan variasi G/D 0, 1, 2, 3 dan dua buah bodi pengganggu berbentuk square di depan masing-masing silinder berdimensi 4 mm. Posisi sudut pengganggu konstan sebesar 30o dan jarak gap 0,4 mm. Bilangan Reynolds berdasarkan silinder yang digunakan yaitu 2,3x104. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan distribusi koefisien tekanan (Cp) koefisien drag pressure (Cdp) dan velocity profile dibelakang benda uji. Hasil menunjukkan bahwa yang terbaik pada variasi G/D 2 dengan nilai 0.22137 pada silinder upstream.

Supplement Files

  1. Bibliography Hariyadi, S. (N.D.). Analisis Perbandingan Velocity Dan Shear Stress Perkembangan Boundary Layer Flat Plate Menggunakan Turbulent Model K-Ε (Standard, Realizable, Rng).
  2. Daman, A. A., & Widodo, W. A. (2014, Oktober). pengaruh penambahan inlet Distrubance body terhadap karakteristik aliran silinder sirkular secara tandem. Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIII (SNTTM XIII).
  3. Fox, R. W.,dkk. (2003). Introduction to Fluid Mechanics. Colombia: Jhon Wiley & Sons, INC.
  4. Gamayel, A. (2014, Mei). Pengaruh Pemasangan Bluff Body Terhadap Karakteristik Pembakaran Biobriket. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 53-60.
  5. Ghofar, A. M. (2018). Pemilihan Sudut Pasang Airfoil Naca 2412 Pada Tail Uav
  6. Male Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamic Untuk Memperoleh Gaya Angkat Optimal. Yogyakarta.
  7. Hasugian, T. D. (2018). Simulasi Aerodinamika Pada Mobil Listrik Nogogeni Dengan Menggunakan Software Ansys Fluent (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
  8. Munson, B. R., Young, D. F., & Okiishi, T. H. (2005). Mekanika Fluida. Jakarta.
  9. Rina, & Ardhy, S. (2018, Oktober). Pengaruh silinder downstream terhadap karakteristik aliran silinder upstream menggunakan square disturbance body tersusun tandem. Jurnal Energi dan Manufaktur Vol. 11 No. 2 , 58-61.
  10. Rina; Sumiati, Ruzita; Ardiansyah. (2018, Oktober). Reduksi Gaya Drag Silinder Sirkular dengan Penambahan Square Disturbance Body Melalui Simulasi Numerik 2D Unsteady-RANS pada. Jurnal Sistem Mekanik dan Termal , 43-49.
  11. Sani. (2016). Studi eksperimen karakteristik aliran melintasi silinder sirkular berpenganggu prisma segitiga, prisma segiempat dan silinder sirkular. Surabaya.
  12. Wijanarko, D. V., & Widodo, W. A. (2012, September). Studi numerik karakteristik aliran melintasi silinder sirkular tunngal dengan bodi penganggu berbentuk silinder sirkular pada saluran sempit berpenampang bujur sangkar. Jurnal Teknik ITS.

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (B)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-10-26
Published: 2023-11-04
Section: Articles
Article Statistics: