Pengaruh Perubahan Ignition Timing terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Beat FI 110 cc

Roki Anggaramita Nur Wahid -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Yoyok Winardi -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Kuntang Winangun* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v3i02.7688

Abstrak

Pertumbuhan penjualan kendaraaniterkhususirodaidua semakin ihari isemakin imeningkat. iSepeda imotor isudah imenjadi ikebutuhan ipokok ibanyak iorang iuntuk imendukung imobilitas iaktivitasnya. iKinerja imesin iyangimemadai ijugaidiperlukaniuntukiefektifitasidan ikenyamanan iberkendara. iNamun iuntuk isaat iini iukuran ikinerja imesin itidak iselalu idilihat ihanya dari dayaidanitorsi isaja, itetapi ijuga ikonsumsi ibahan ibakar dan emidi gas buang yang ramah lingkunganijuga imenjadi iperhitungan itersendiri. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu cara yang dilakukan ialah merubah timing ignitionnya terutama pada sepeda motor beat fi 110 cc, dengan pemajuan timing ignition melalui 3 variasi penelitian, yaitu 14o,18o,22o juga melakukan penelitian percampuran bahan bakar pertamax (50%) dan pertalite (50%) serta murni pertamax. Dalam penelitian ini dihasilkan daya, torsi, dan emisi gas buang yang lebih baik dari standart kendaraan yang ada dengan merubah ignition timing tersebut. Hasil pengujian pengapian standart didapatkan torsi terbaik yaitu pada bahan bakar pertamax dengan daya tertinggi 7 Hp pada 4048 rpm dengan torsi 18,41 Nm pada 2433 rpm sementara untuk variasi pengapian terbaik yaitu pada saat pengapian 14o dan 18o bahan bakar pertamax dengan daya 7,6 Hp pada 4221 rpm dan 4155 rpm dengan torsi 19,11 Nm pada 2523 rpm dan 19,06 Nm pada 2521 rpm.Untuk prosentase daya sendiri mengalami kenaikan sebesar 8,57%, sementara untuk torsi mengalami kenaikan sebesar 3,80%. Emisi gas buang paling baik yaitu pada pengapian 14o dengan CO=2,39%,CO2=3,3% dan O2=21,52%, sedangkan untuk standartnya CO=2,24%,CO2=3,4% dan O2=24,26%.

Kata Kunci : Ignition Timing, Daya, Torsi, Emisi Gas Buang

  1. Sukarno, Ragil. 2017. Pengaruh Perubahan Ignition Timing Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Automatic 115 cc . Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
  2. Indrias, Ervin. 2018. Uji Unjuk Kerja Pada Mesin Siklus Otto 4 Langkah 1 Silinder Berkapasitas 115 Cc Berbahan Bakar Oktan 98 Dengan Mengubah Ignition Timing. Madiun : Politeknik Negeri Madiun.
  3. Anahdi, Nunu. 2017. Pengaruh Variasi Timing Injection dan Timing Pengapian Dengan Menggunakan ECU BRT Juken 3 Terhadap Kinerja Motor Langkah 110 cc Bahan Bakar Pertalite. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  4. Ball Jeffrey & Stone, Richard. 2004. Automotive Engineering Fundamentals. America: United States of America.
  5. Wiratmaja, I Gede. 2010. Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Cakram. Vol. 4, No. 2, pp: 145-154
  6. Kawano, Sungkono. 2014. Motor Bakar Torak (Bensin). Surabaya: ITS Press.
  7. Jama, jalius dkk. 2008. Teknik Sepeda motor. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
  8. Nursuhud, Djati & Pudjanarsa, Astu. 2013. Mesin Konversi Energi edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-11
Published: 2023-11-03
Section: Articles
Article Statistics: