Pengaruh Perubahan Durasi Injeksi terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Beat FI 110 cc

Debry Debry* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Yoyok Winardi -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Munaji Munaji -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Kuntang Winangun -  Universitas Muhmamadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v3i02.7687

Kemajuan pesat sedang dibuat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan industri otomotif, khususnya sepeda motor electric fuel injection (EFI). Untuk memaksimalkan performa mesin pada sepeda motor injeksi maka perlu pengoptimalan injeksi bahan bakar ke ruang bakar. Cara yang dapat dilakukan adalah merubah durasi injeksi bahan bakar menggunakan ECU programmable aftermarket. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut. Jenis penelitian berupa pengaruh perubahan durasi injeksi terhadap kinerja mesin sepeda motor beat FI 110cc dengan variasi pengubahan durasi injeksi +5%, +10%, +15%, -5%, -10%, -15% dengan parameter yang dicari adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik. Daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik berbahan bakar pertamax. Hasil pengujian variasi durasi injeksi -5% menghasilkan nilai daya terbesar 7,5 HP diputaran 4122 rpm. Hasil pengujian variasi durasi injeksi +5% menghasilkan nilai torsi sebesar 18,94 Nm diputaran 2468 rpm. Hasil pengujian variasi durasi injeksi menghasilkan nilai konsumsi bahan bakar spesifik terendah dengan nilai 0,018 kg/kWh diputaran 4000 rpm pada durasi injeksi -15% dan nilai tertinggi konsumsi bahan bakar spesifik  0,119 kg/kWh diputaran 8000 rpm pada durasi injeksi +15%.

Kata Kunci: durasi injeksi, daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik

  1. Afwan, Muhammad Aulia & Rahardjo, Winarno Dwi. 2020. Pengaruh Penggunaan ECU Standar Dan ECU Juken Dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  2. Fahmi, Faizal & Yuniarto, Muhammad Nur. 2013. Perancangan Dan Unjuk Kerja Engine Control Unit Iquteche Pada Motor Yamaha Vixion. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  3. Husni. 2013. Engine Management System (EMS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
  4. Anonim. 2008. Teknik Ototronik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
  5. Fajri, Rahmadhi Nur. 2019. Uji unjuk kerja pada mesin 4 langkah 1 silinder 115cc berbahan bakar oktan 90 dengan pengubahan durasi injeksi. Madiun: Politeknik Negeri Madiun
  6. Jhon B, Heywood. 1998. Internal Combustion Engine Fundamentals. New York : McGraw Hill Book Company.
  7. Kawano, Sungkono. 2014. Motor Bakar Torak (Bensin). Surabaya: ITS Press.
  8. Kristanto, Philip. 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta.
  9. Rizal, Masagus. 2013. Konversi Energi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
  10. Jama, Julius. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
  11. Nursuhud, Djati & Pudjanarsa, Astu. 2013. Mesin Konversi Energi edisi 3. Yogyakarta.
  12. Sularso. 1997. Dasar Perencanaan Dan Pemeliharaan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.
  13. Sutiman. 2005. Modul Sistem Kontrol Elektronik. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-11
Published: 2023-11-03
Section: Articles
Article Statistics: