Pengaruh Variasi Pegas Kopling RMG & TDR Terhadap Daya dan Torsi Pada Kendaraan Megapro 160 cc

Sudarno Sudarno* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Angga Yoga Pratama -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Kuntang Winangun -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jtm.v3i01.6903

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggantian pegas kopling standar dengan pegas kopling variasi TDR dan RMG terhadap akselerasi, performa, dan emisi gas buang pada kendaraan bermotor. Pengujian dilakukan menggunakan dynotest dengan putaran mesin 4000 rpm sampai 9000 rpm pada posisi transmisi lima. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pegas kopling standar memberikan torsi tertinggi sebesar 12,124 Nm pada 6000 rpm dan daya tertinggi sebesar 11,92 HP pada 7000 rpm. Sedangkan untuk emisi gas buang, hasil terbaik diperoleh pada variasi pegas RMG 2 dan TDR 2 dengan CO maksimum 2,68 % pada 9000 rpm, sedangkan untuk CO2 terbaik pada pegas standar dengan CO2 maksimum 9,38 % pada 5000 rpm dan O2 terbaik pada pegas standar dengan O2 maksimum 1,01 % pada 7000 rpm. Namun, CO2 yang dihasilkan pada putaran tinggi tidak akurat karena kondisi kinerja mesin yang sudah tidak stabil.

  1. S. Amri and Y. Setiawan, Dasar - Dasar Otomotif, Edisi
  2. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.
  3. B. Hidayat, Teknik perawatan, pemeliharaan dan reparasi sepeda motor. Yogyakarta: Absolut Yogyakarta, 2007.
  4. D. Stiawan and D. Ilman, “Pengaruh variasi pegas kopling terhadap performa sepeda motor honda tiger 2000 tahun 2005 skripsi,” 2018.
  5. P. L. Adji, K. Winangun, and Y. Winardi, “Pengaruh
  6. Variasi Panjang Pegas Kopling Terhadap Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Honda Tiger 200 Cc,” Komputek, vol. 5, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.24269/jkt.v5i1.681.
  7. A. Agus and M. B. Rubai, “Pengaruh Penggunaan Kampas Kopling Racing Daytona Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda Supra X 125,” J. Kompetensi Tek., vol. 11, no. 2, pp. 1–7, 2019.
  8. M. R. Adib and Wahyudi, “Pengaruh Jumlah Pegas Kopling Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 9, no. 1, pp. 25–30, 2020, [Online]. Available:
  9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
  10. N. Romandoni and I. H. Siregar, “Studi Komparasi Performa Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Bensin Dan Lpg,” J. Tek. Mesin, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2013, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jtm- unesa/article/view/603
  11. G. A. Dharma et al., “Pengaruh Pemakaian Variasi Pegas Sliding Sheave Terhadap Performance Motor Honda Beat 2011,” vol. 02, pp. 126–131, 2013.
  12. K. W. Sudarno and A. M. Prastya, “Pengaruh Modifikasi Kampas Kopling Terhadap Torsi, Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Yamaha New V-Ixion 150cc,” AutoMech, vol. 02, pp. 11–18, 2022.
  13. J. Zhou, “Combustion, performance, regulated and unregulated emissions of a diesel engine with hydrogen addition,” Appl. Energy, vol. 126, pp. 1–12, 2014, doi: 10.1016/j.apenergy.2014.03.089.
  14. C. Yuan, “Effect of hydrogen addition on the combustion and emission of a diesel free-piston engine,” Int. J. Hydrogen Energy, vol. 43, no. 29, pp. 13583–13593, 2018, doi: 10.1016/j.ijhydene.2018.05.038.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-03-24
Published: 2023-05-23
Section: Articles
Article Statistics: