Implementasi Algoritma Fisher Yates pada Media Ujian Tryout di SD Negeri 1 Sekaran

Wisnu Adi Suprayoga* - 
Ismail Abdurrazzaq Zulkarnain - 
Khoiru Nurfitri - 

Abstract

One way to measure the quality and ability of students is by giving exams. However, this is felt differently for the sixth graders at the elementary school level, which is a scourge that weighs on their minds. Because the requirements for graduation at the elementary school level are report cards each semester, a minimum of good attitude or behavior, and taking exams organized by the education unit. However, during this COVID-19 pandemic, all learning activities are carried out boldly. This makes its own impact on the education unit, especially at the elementary school level. Therefore, in this study, one of the goals is to create a web-based exam application so that students can carry out exams at their respective homes. This exam application uses the Fisher Yates Shuffle algorithm in the process of randomizing the questions that arise to students. This is done so that each student receives a different order of questions.

Keywords: Ujian, Aplikasi, Web, Algoritma Fisher Yates Shuffle

Abstrak

Salah satu cara untuk mengukur kualitas dan kemampuan anak didik adalah dengan cara memberikan ujian. Namun hal tersebut dirasa berbeda bagi anak kelas VI tingkat Sekolah Dasar yang merupakan momok sehingga membebani pikiran mereka. Karena syarat kelulusan pada tingkat sekolah dasar adalah nilai rapor tiap semester, sikap atau perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Namun selama pandemi COVID-19 ini, semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara berani. Hal itu menjadikan dampak tersendiri bagi satuan pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar. Maka dari itu pada penelitian ini salah satu tujuannya untuk membuat aplikasi ujian berbasis web agar siswa dapat melaksanakan ujian di rumah masing-masing. Aplikasi ujian ini menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle pada proses pengacakan soal pertanyaan yang muncul pada siswa akan bervariatif. Hal tersebut dilakukan agar setiap siswa menerima urutan soal yang berbeda-beda.

Kata Kunci: Ujian, Aplikasi, Web, Algoritma Fisher Yates Shuffle

  1. Victor Asih, Andi Saputra, Ridho Taufiq Subagio (2020), Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android.
  2. Sukandar, Esron Rikardo Neinggolan, Hasta Herlan Asymar (2019), Aplikasi Kosakata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Algritma Shuffle Berbasis Android.
  3. Ekojono, Dyah Ayu Irawati, Lugnan Affandi, Anugrah Nur Rahmanto (2017), Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika.
  4. Ade Mubarok, Mochammad Chandra Kurniawan (2015), Aplikasi Ujian Online Pada SMK Ma’arif Bandung Berbasis Web.
  5. Yati Nurhayati (2019), Implementasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Game Pengenalan Buah Daerah Indonesia.
  6. Ari Amir Alkodri, R. Burhan Istanto F, Harrizki Arie Pradana (2020), Penerapan Algoritma Fisher-Yattes Untuk Pengacakan Soal Seleksi Penerimaan Asisten Laboratrium.
  7. Nursiwi Nugraheni, Elok Fariha Sari, Nugraheti Sismulyasih, Isa Ansori (2020), Pembuatan Aplikasi Soal Berbasis Android di SD Labschool Unnes.
  8. Abdul K (2018), Pemrograman Android dan Database.
  9. Septiani, E., & Setyowati, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 121–128.
  10. Albitar Septian Syarifudin (2020), Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkanya Social Distancing.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-08-08
Published: 2022-08-09
Section: Articles
Article Statistics: