MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA TERHADAP MATERI HUKUM MELALUI PENGIMPLEMENTASIAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PENGADILAN NEGERI PONOROGO

Hernu Suprapto* -  SMAN 1 Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/v1.n1.2016.60-70

Judul artikel ini "Meningkatkan Pemahaman,aktifitas dan sikap Siswa SMAN I Ponorogo terhadap materi perlindungan dan penegakan hukum melalui Pengimplementasian Model Pembelajaran Langsung Pada Pengadilan Negeri Ponorogo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI semester ganjil di SMAN 1 serta tumbuhnya pemahaman, dan aktifitas melalui penerapan model pembelajaran langsung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pembelajaran,kegiatan pembelajaran tersebut diberikan dengan arahan guru yang dilakukan siswa. Setting penelitian ini dilaksankan di SMAN 1 Ponorogo dan di Gedung Pengadilan Negeri Ponorogo. Variabel penelitian: Variabel input; hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran. Variabel proses; kegiatan penerapan model pembelajaran langsung. Dan variable output; peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran PPKn. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes,angket dan skala sikap dan data dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dilakukan melalui dua siklus, yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Siklus I pelaksanaan di kelas sedangkan siklus dua pertemuan ketiga dilaksanakan di gedung Pengadilan Negeri Ponorogo ,selanjutnya pada pertemuan ke empat dibawa kembali ke kelas. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran PKn kelas XI IPA 3 dapat meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan aktifitas .
Keywords
Pemahaman, Hukum, Pembelajaran Langsung, PN
  1. Arikunto, Suharsimi & Suhardjono & Supardi, (2006), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
  2. Madjid,Abdul,(2013),Strategi Pembelajaran,Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
  3. Rusman,(2013),Model-model Pembelajaran :Jakarta : Raja Grafindo Persada
  4. Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Uno, B., Hamzah, 2007, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara.
  6. Sutikno, Sobry, M., 2007. Menggagas Pembelajaran Efeklif dan Bermaknaf Mataram : NTP Press.
  7. Kunandar, 2007, Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  8. Surya, Muh., 1985, Psikologi Pendidikan, Bandung : Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-01-17
Published: 2016-07-27
Section: Artikel
Article Statistics: