Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak

Ratu Husnunnadia* -  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Zaenul Slam -  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp28-42

Berdasarkan laporan pengaduan masyarakat, kasus bullying menduduki peringkat teratas di Indonesia pada periode 2011 hingga Agustus 2014, menjadi isu serius yang signifikan dalam dampaknya terhadap perkembangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep bullying, terutama dalam konteks lingkungan sekolah di Indonesia. Definisi konsep bullying diuraikan secara rinci untuk memperjelas relevansinya dengan realitas sekolah. Fokus penelitian terarah pada mengidentifikasi manfaat dan tujuan pencegahan bullying di lingkungan sekolah melalui penerapan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk memperkuat hak dan kewajiban anak. Data dikumpulkan melalui telaah literatur dari berbagai sumber guna mengeksplorasi efektivitas PKn dalam mengurangi tingkat bullying di lingkungan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi PKn memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman. Lembaga pendidikan, termasuk guru, diharapkan mampu menciptakan budaya yang mendukung hak dan kewajiban anak, serta menekankan pentingnya pembentukan karakter sebagai fokus utama. Dengan demikian, artikel ini memberikan pandangan yang mendalam tentang upaya pencegahan bullying di sekolah melalui implementasi PKn untuk memastikan hak dan kewajiban anak-anak terwujud secara optimal.
Keywords
Hak dan Kewajiban anak, Pencegahan, Bullying
  1. Aini, K., & Rini, H. P. (2023). PROGRAM PELATIHAN EMPATI SEBAGAI STRATEGI. (3), 2667–2684.
  2. Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Nabila Syah, S., Andi Restari, Y., Atikah, S., … Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
  3. Anderson, J. R., Mayes, T. L., Fuller, A., Hughes, J. L., Minhajuddin, A., & Trivedi, M. H. (2022). Experiencing bullying’s impact on adolescent depression and anxiety: Mediating role of adolescent resilience. Journal of Affective Disorders, 310, 477–483. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jad.2022.04.003
  4. Azim Utomo, W., Refiane, F., Nugroho, A. A., & Maryati, M. (2023). Pemahaman Hak dan Kewajiban Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 826–830. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4822
  5. Danniarti, R. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PENDUKUNG TUMBUH KEMBANG WAWASAN KEBANGSAAN PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 187–203. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1468
  6. Dietrich, L., Jurkowski, S., Schwarzer, N.-H., & Zimmermann, D. (2023). The role of teachers in the bullying involvement of students with emotional and behavioral difficulties. Teaching and Teacher Education, 135, 104311. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104311
  7. Djufi, A. R. (2018). Hak Dan Kewajiban Anak Dalam Undang-Undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. lus Civile, 11(35), 62–70.
  8. Dow-Fleisner, S., Leong, A. D., & Lee, H. (2023). The interaction between peer bullying and school connectedness on youth health and wellbeing. Children and Youth Services Review, 155, 107147. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2023.107147
  9. Eşkisu, M. (2014). The Relationship between Bullying, Family Functions, Perceived Social Support among High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 492–496. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.412
  10. Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
  11. Farnsworth, E. M., Cordle, M., Kromminga, K., Shaver, E. L., Szydlo, T., & Frederick, J. (2022). Protecting the educational rights of students in foster care: Legal considerations for educational professionals. Children and Youth Services Review, 141, 106585. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2022.106585
  12. Francis, J., Strobel, N., Trapp, G., Pearce, N., Vaz, S., Christian, H., … Cross, D. (2022). How does the school built environment impact students’ bullying behaviour? A scoping review. Social Science & Medicine, 314, 115451. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2022.115451
  13. He, E., Ye, X., & Zhang, W. (2023). The effect of parenting styles on adolescent bullying behaviours in China: The mechanism of interpersonal intelligence and intrapersonal intelligence. Heliyon, 9(4), e15299. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15299
  14. Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Psikologi UMS 2013 - Parenting, 53(9), 450–458.
  15. Hidayati, N. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif solusi. Jurnal Insan, 14(1), 41–48.
  16. Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, Moh. A. K. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530
  17. Kennedy, A., & Brausch, A. M. (2024). Emotion dysregulation, bullying, and suicide behaviors in adolescents. Journal of Affective Disorders Reports, 15, 100715. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jadr.2023.100715
  18. kusumawardani, fitri, Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
  19. Lechner, V., Crăciun, I. C., & Scheithauer, H. (2023). Barriers, resources, and attitudes towards (cyber-)bullying prevention/intervention in schools from the perspective of school staff: Results from focus group discussions. Teaching and Teacher Education, 135, 104358. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104358
  20. Liu, F., Yang, Y., Lin, P., Xiao, Y., Sun, Y., Fei, G., … Zhang, X. (2024). Associated factors and patterns of school bullying among school-aged adolescents in China: A latent class analysis. Children and Youth Services Review, 156, 107348. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2023.107348
  21. Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 43. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762
  22. Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418–430.
  23. Menin, D., Guarini, A., Mameli, C., Skrzypiec, G., & Brighi, A. (2021). Was that (cyber)bullying? Investigating the operational definitions of bullying and cyberbullying from adolescents’ perspective. International Journal of Clinical and Health Psychology, 21(2), 100221. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijchp.2021.100221
  24. Migliaccio, T., Rivas, A., Rivas, B., & Stark, R. (2024). Bullying within academia: A cultural and structural analysis. Learning, Culture and Social Interaction, 44, 100783. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2023.100783
  25. Miranda e Paulo, D., Navarro de Oliveira, M., de Andrade Vieira, W., Flores-Mir, C., Pithon, M. M., Bittencourt, M. A. V., & Paranhos, L. R. (2022). Impact of malocclusion on bullying in school children and adolescents: A systematic review and meta-analysis. Children and Youth Services Review, 142, 106636. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2022.106636
  26. Novita Sari, D. H., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Materi Hak dan Kewajiban pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 1–6.
  27. Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.
  28. Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246
  29. Ren, P., Liu, B., Xiong, X., Chen, J., & Luo, F. (2023). The longitudinal relationship between bullying victimization and depressive symptoms for middle school students: A cross-lagged panel network analysis. Journal of Affective Disorders, 341, 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jad.2023.08.048
  30. Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., & Indragiri, U. I. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 02(01), 42–51.
  31. Saiful Rahman, A. F., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Octavia Cahyani, M., Elyunandri, H. P., … Latif, A. (2021). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2). https://doi.org/10.51213/jmm.v3i2.50
  32. Sansait, J. R. M., Aguiling-Saldaña, G. F., & Retiracion, P. M. A. (2023). Does the type of school matter in preventing bullying? Knowledge, experience, and readiness to face bullying by students enrolled in public and private schools in the Philippines. Social Sciences & Humanities Open, 8(1), 100530. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100530
  33. Slam, Z., & Z, A. F. (2021). PKN MI?SD. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
  34. Soimah, Hamid, A. Y. S., & Daulima, N. H. C. (2019). Family’s support for adolescent victims of bullying. Enfermería Clínica, 29, 747–751. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.04.113
  35. Tyas, D. C. (2019). HAK DAN KEWAJIBAN ANAK. Semarang: ALPRIN.
  36. Usmaedi, U., Sapriya, S., & Mualimah, N. (2021). Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, 16(1), 100. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20405
  37. Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 49. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328
  38. Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976
  39. Wasi, W. Al. (2023). PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA TERUTAMA PADA KASUS BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Civilia : Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(4), 1–14.
  40. Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate.
  41. ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-12-03
Published: 2024-02-29
Section: Artikel
Article Statistics: