Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Comic Strips Creator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Priska Nurlia Br. Simanungkalit* -  Universitas Negeri Medan, Indonesia
Nuraida Nuraida -  Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sri Yunita -  Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp21-27

Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis comic strips creator yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dengan tahapan berupa define, design, developt, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 055981 Beruam pada siswa kelas V yang berjumlah 30 dengan data yang dikumpulkan berasal dari lembar penilaian ahli materi, media dan bahasa serta hasil belajar. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, media dan bahasa. Uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan uji keefektifan dilakukan oleh siswa melalui pretest dan postest. Hasilnya memaparkan produk yang dikembangkan mendapatkan penilaian ahli materi sebesar 90% capaian sangat layak, ahli media sebesar 93% capaian sangat layak dan ahli bahasa sebesar 92% capaian sangat layak, dari hasil ketiga validator didapat reratanya adalah 91.7% capaian sangat layak. Hasil kepraktisan yang dilakukan oleh guru didapat nilai 92% capaian sangat praktis dan didapat rerata pretest 58 dan postest 84 serta ketika dilakukan uji gain didapat nilai 0.62 capaian sedang. Sehingga dikonklusikan media pembelajaran berbasis comic strips creator memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang baik dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn siswa kelas V sekolah dasar.
Keywords
Comic Strips Creator, Media Pembelajaran, Pkn.
  1. Anggraini, D., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 610-619.
  2. Anggraini, E. Y., Santoso, M., & PUTRI RARASATI, I. D. A. (2023). Pengembangan Media Mobile Learning Pelajar Nusantara Untuk Pembelajaran PPKn SMA/SMK/MA Kelas X. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 1-10.
  3. Daryanto. (2020). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
  4. Kudadiri, S. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Budaya Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3140-3147.
  5. Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Pramono, M. (2021). Pengembangan komik pendidikan sebagai media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Education and Development, 9(1), 279-279.
  6. Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan ajar digital interaktif berbasis problem based learning materi keragaman budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127-136.
  7. Pratama, I. P. A., Tegeh, I. M., & Sukma, G. A. P. (2022). Animapoin (Animasi Powerpoint): Media Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2).
  8. Puniatmaja, I. G. P. B., & Renda, N. T. (2021). Modul Pembelajaran PPKn Bermuatan Nilai Karakter Toleransi pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 409-419.
  9. Rachmadani, R., Sutarno, S., & Umayaroh, S. (2021). pengembangan media e-comic berbasis budaya lokal kota malang dalam pembelajaran keunikan daerah tempat tinggalku untuk muatan ppkn kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 676-681.
  10. Saputro, YD, & Wahyu, TA (2019). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di IKIP Budi Utomo. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan) , 4 (3), 35-46.
  11. Siswono, T. Y. E., & Ramdhani, S. (2023). Pengembangan Big Komik Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Karakter Gotong Royong Materi Sifat Sifat Cahaya Bagi Siswa Kelas 4. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 18-33.
  12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-28
Published: 2024-02-29
Section: Artikel
Article Statistics: