Pancasila Sebagai Landasan Gen Z dalam Mempertahankan Nilai Persatuan Pada Era Globalisasi
DOI : 10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp54-65
Nilai persatuan Generasi Z pada era globalisasi mulai terkikis, perilaku Gen Z di Indonesia cenderung anarkis dan tawuran antar sekolah sering terjadi. Fenomena tawuran yang berujung pembunuhan oleh sesama pelajar di daerah Bogor menyebabkan keresahan, dapat mengancam keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat. Untuk mengatasi ancaman persatuan dan kesatuan bangsa, Pemerintah Indonesia melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memerlukan strategi yang tepat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada Gen Z. Tujuan penelitian untuk menganalisis nilai persatuan Gen Z berlandaskan Pancasila pada era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Peneliti menggunakan teori strategi (Lykke, 1998) dimana strategi mempunyai tiga unsur yaitu means, ways dan ends. Artinya Means sumber daya yang digunakan, Ways adalah cara untuk mencapai tujuan dan Ends tujuan yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan Gen Z memiliki karakteristik yang unik. Oleh karena itu disarankan agar strategi implementasi nilai-nilai Pancasila pada Gen Z sebaiknya tidak dilakukan dengan cara indoktrinasi, melainkan melalui dialog yang bertujuan meyakinkan, pembimbingan, berkesadaran menjaga persatuan dan kesatuan. Implikasi dari strategi implementasi adalah meningkatnya semangat kebangsaan dalam diri sendiri, dukungan orang tua, kreativitas pengajar didik dan pemerintah agar nilai persatuan Gen Z berlandaskan Pancasila pada era globalisasi terwujud.
Keywords
Generasi Z, Nilai-nilai Pancasila, Globalisasi
- & Reno, W. (2019). Pancasila. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.
- Lykke, A. F. (1998). Military Strategy: Theory and application. Pennsylvania: U.S. Army War College.
- McLeod, S. (2024). Maslow’s Hierarchy Of Needs. Diambil dari https://www.simplypsychology.org/maslow.html
- Meisa Putri, A. S., Setiawati, R., & Widodo, H. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Gen Z. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 17–24.
- MPR. (1978). Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor II/MPR/1978 TAHUN 1978 Tentang Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetia Pancakarsa).
- Mulyadi. (2015). Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabet.
- Prasaja. (2013). Pengaruh Investasi Asing, Jumlah Penduduk Dan Inflasi Terhadap Pengangguran Terdidik Di Jawa Tengah Periode Tahun 1980-2011. Economics Development Analysis Journal.
- Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816/FULL/XML
- Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2017). Promosi Penjualan Produk. Inter Komunika.
- Sabekti, R. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial (jejaring sosial) dengan kecenderungan narsisme dan aktualisasi diri remaja akhir. surabaya: Perpustakaan Universitas Airlangga.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
- Sutisna, M., Sucherman, U., Suandi, D. S., & Kumlasari, S. (2002). Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 327–338.
- Wijayanti, A. A., Syandhana, N., & Shinkoo, S. H. (2022). Peran Pancasila di Era Globalisasi Pada Generasi Z. Jurnal Intelektiva, 29–35.
- Yanuar, O., & Putra, S. (2017). THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI. Among Makarti, 9(2). https://doi.org/10.52353/AMA.V9I2.142
- Yunica, E., & Dewi, D. A. (2001). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila dalam Mengantisipasi Interaksi Asosial Pada Generasi Z. Jurnal Penelitian Sosial, 111–117.
Copyright (c) 2024 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.