Implikasi Nilai Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Kualitas Produk dan Saluran Distribusi Koran di Era Digital

Andri Asmari* -  Universitas Sali Al-Aitaam (UNISAL) Bandung, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v7i1.9074

Sebagai mahluk sosial dalam mencari berbagai informasi, masyarakat memiliki berbagai pilihan, terlebih lagi di era digital seperti sekarang ini terjadi perubahan kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi informasi melalui media, akibat dari tingginya penggunaan internet dan media sosial yang membuat akses pencarian informasi menjadi lebih mudah. Hal ini tentu saja berdampak pada penurunan konsumsi minat baca di media massa versi cetak yang pada akhirnya menyebabkan banyak perusahaan media cetak/ koran menutup usaha cetak mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis implikasi nilai konsumen terhadap kepuasan konsumen ditinjau dari kualitas produk dan saluran distribusi dari para pembaca koran cetak Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung di era digital. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian, alat ukur berupa kuesioner yang dihasilkan dari studi lapangan (field reseach). Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk dan saluran distribusi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap nilai konsumen. Sedangkan secara parsial kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai konsumen, saluran distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai konsumen, dan variabel nilai konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

  1. Aldiana, U., Adji, S., & Santoso, E. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan WOM (Word of Mouth) terhadap Kepuasan Konsumen. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 71–83. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2390
  2. Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
  3. Anggit Pramesti, I., & Irwansyah. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Cara Membaca Masyarakat Indonesia di Era Digital, Serta Dampaknya Pada Bisnis Media Cetak. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora , 05(1), 117–131. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
  4. Ayu, S. M., Rubyasih, A., & Rahmaddian. (2023). Media Massa Cetak pada Masa Pandemi Virus Covid 19 : Hidup atau Mati Print Mass Media during the Covid 19 Virus Pandemic : Life or Death. Anterior Jurnal, Volume 22(1 Januari 2023), 81–85. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior
  5. Cintadine. (2022). 8 Koran Cetak Indonesia yang Masih Terbit di Zaman Digital, Masih Banyak Pembaca? https://www.kaskus.co.id/thread/62e5e10f7ca89e07991257f9/8-koran-cetak-indonesia-yang-masih-terbit-di-zaman-digital-masih-banyak-pembaca/
  6. Cynthia. (2017). Sedih! Inilah 10 Majalah dan Koran yang Sudah Tidak Terbit Lagi. http://tentik.com/sedih-inilah-10-majalah-dan-koran-yang-sudah-tidak-terbit-lagi/
  7. Junawan, H., & Nurdin Laugu. (2020). Eksistensi Media Sosial , Youtube , Instagram dan Whatsapp ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Vol. 4 No. 1, Juni 2020, 4(1), 41–57.
  8. Koesworodjati, Y. (2006). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. FE UNPAS, Bandung.
  9. Kominfo, B. H. (2018). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. SIARAN PERS NO. 53/HM/KOMINFO/02/2018. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers
  10. Mardiyaningsih, G., Sujiono, S., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Pembelian Konsumen. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/asset.v2i1.2547
  11. Meoko, N. (2022). Harian Republika Berhenti Terbit 1 Januari 2023, Beralih ke Wahana Digital. https://www.sinarharapan.co/kesra/pr-3856079570/harian-republika-berhenti-terbit-1-januari-2023-beralih-ke-wahana-digital
  12. Pahlevi, R. (2022). APJII: Penetrasi Internet Indonesia Capai 77,02% pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/10/apjii-penetrasi-internet-indonesia-capai-7702-pada-2022
  13. Ramadhanti, S. (2019). Di Era Digital Saat Ini, Bagaimana Eksistensi Media Cetak? 7 Juli 2019 21:34 Diperbarui: 7 Juli 2019 22:00. https://www.kompasiana.com/savirarmd/5d22030a0d82300f874d95d2/di-era-digital-saat-ini-bagaimana-eksistensi-media-cetak
  14. Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  15. Sebayang, R. (2018). CEO New York Times: Media Cetak Bisa Bertahan 10 Tahun Lagi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180213162809-4-4281/ceo-new-york-times-media-cetak-bisa-bertahan-10-tahun-lagi
  16. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi Offset,Yogyakarta.
  17. Widjaja, B. T. (2013). Lifestyle Marketing. Gramedia, Jakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-03-18
Published: 2024-06-15
Section: Articles
Article Statistics: