Pengaruh Komunikasi Interpersonal Salesman, Harga, dan Produk Kompetitor terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopiko di Costumer Base Retail

Andri Mei Saputro* -  Universitas Muhhadiyah Ponorogo, Indonesia
Riawan Riawan -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Naning Kristiyana -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i2.8140

Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Komunikasi Interpersonal Salesman, Harga dan  Produk Kompetitor terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopiko di Costumer Base Retail CV. Tirta Raharja Kantor Cabang Ponorogo serta untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal Salesman, Harga dan Produk Kompetitor secara simultan terhadap Keputusan pembelian konsumen pada produk Kopiko di Costumer Base Retail CV. Tirta Raharja Kantor Cabang Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah Costumer Base Retail di CV. Tirta Raharja Kantor Cabang Ponorogo yang pernah melakukan pembelian. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 responden. Data dan hasil responden tersebut di olah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komunikasi Interpersonal Salesman (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Costumer Base Retail (Y), Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Costumer Base Retail (Y), dan Produk Kompetitor (X3 berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Costumer Base Retail (Y) di CV.

  1. Arianty, N. (2013). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Kartu Mentari pada PT. Indosat Tbk. Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 13(1), 101–115.
  2. Balawera, A. (2018). Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 2117–2129.
  3. Cahyono, N. R. B. (2020). Gedangan-Sidoarjo, Keputusan Pembelian pada Inovasi Produk dan Peran Lokasi M2M Indonesia Fast Food cabang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) Volume, 8(2), 315–322.
  4. Cynthia V. Djodjobo., H. N. T. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2, 1214–1224.
  5. Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1, 1–14.
  6. Dianamurti, I. T., & Damayanti, D. (2023). Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.24269/asset.v6i1.7336
  7. Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25.
  8. Hariyadi, G. T. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–32. https://doi.org/10.33633/jpeb.v1i1.1475
  9. Hermanto, H. (2018). Pengaruh Persaingan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Cv. Greentech Belilas Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 54–63. https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.51
  10. Khabibi, N. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Santri. Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(12), 1–15.
  11. Londa, nicolas, B., Senduk, J., & Boham, A. (2014). 4512-8676-1-Sm. III(1).
  12. M. Fuad. (2015). Store Atmosphere Dan Perilaku Konsumen Di Toko Buku Gramedia Malang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 10(2), 90–110.
  13. Priansa, J. R. W. dan D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, Komunikasi Kontemporer (P. Setia (ed.)).
  14. Rakhmatin, T. (2017). Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle The Reference E-PEN. Jurnal Common, 1(1). https://doi.org/10.34010/common.v1i1.248
  15. RIZKY, N. M. F., & YASIN, H. (2018). ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus J-Co Suzuya Mall Rantauprapat). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 1–14. https://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.49
  16. Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian . Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 96–103. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.884
  17. Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-Irt Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Umkm Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
  18. Suranto, A. . (2016). Komunikasi Interpersonal. Raja Grafindo Persada.
  19. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.
  20. Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ekonomi Islam. PrilakuKonsumen, 01(01), 18.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-07
Published: 2023-12-15
Section: Articles
Article Statistics: