Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Jaringan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Restu Panca Alam Di Ngebel Ponorogo

Rosita Ayu Krismara Rosita* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i3.7855

Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum. Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah : Kualitas pelayanan, Kualitas Jaringan dan  Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Restu Panca Alam di Ngebel Ponorogo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan PT Restu Panca Alam di Ngebel Ponorogo yaitu sebanyak 70 orang. Tahapan pengujian yang digunakan meliputi uji instrument, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini menghasilkan uji parsial (t) adalah sebagai berikut Kualitas pelayanan (X1) = 2,059, Kualitas Jaringan (X2) = 3,916, dan Kepercayaan (X3) = 2,019.
  1. Adabi, Nadhril. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok.” Manajemen 12 No.1(1):32–39.
  2. Afrilia, Ascharisa Mettasatya. 2018. “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran ‘Waroenk Ora Umum’ Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen.” Jurnal Riset Komunikasi 1(1):147–57. Doi: 10.24329/Jurkom.V1i1.21.
  3. Afriyanto, Fery, And Hera Heru. 2019. “Hubungan Antara Keteladanan Guru Bk Dengan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Medika 5(2).
  4. Andriano, Arman, Azhari, And Royansyah Putra. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merk Aviator.” 4(1):114–23.
  5. Busman, Sherwin Ary, And Gunawan Wibisono. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet Xl Axiata Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol. 4. No:Pp-50-56.
  6. Darwin, Steven, And Yohanes Sondang Kunto. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulifindonesia – Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1):1–12.
  7. Fahmi, Syaifuddin. 2015. “Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Pt. Hapeel Pharmindo.” Journal Of Strategy Business 2(3):344–63.
  8. Janna, Nilda Miftahul, And Herianto. 2021. “Artikel Statistik Yang Benar.” Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (Ddi) (18210047):1–12.
  9. Kesuma, Eka, Amri, And Shabri. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sulthan Hotel Banda Aceh.” Manajemen 4(4):176–92.
  10. Khoirunnisa’, Arifatu Afifah, And Andi Wijayanto. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 10(1):672–80. Doi: 10.14710/Jiab.2021.29180.
  11. Maramis F, Sepang J, Soegoto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6(3):1658–67. Doi: 10.35794/Emba.V6i3.20411.
  12. Normasari, Selvy. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang.” Jurnal Administrasi Bisnis 6(2):1–9.
  13. Nuryani, Fajar Tri, Nurkesuma Nurkesuma, And Baruna Hadibrata. 2022. “Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(4):452–62.
  14. Qomariah, Nurul. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Di Jawa Timur).” Jurnal Aplikasi Manajemen 10(1):177–87.
  15. Rahman, Siskawati. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt . Pln ( Persero ) Area Manado The Effect Of Quality Service And Innovation Toward Customer Satisfaction.” Jurnal Emba 7(1):301–11.
  16. Suwadi, Widodo, Yusup Arip, Riza Dessy Nila Ayutika, And Fery Setiawan. 2021. Pengantar Manajemen. Eureka Media Aksara.
  17. Tinungki, Deysy Deyby, Johny R. E. Tampi, And Aneke Y. Punuindoong. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Mio M3 Pada Pt. Hasjrat Abadi Cabang Tumpaan Deysy.” 6(3):10.
  18. Wardi, Yunia, Hendri Andi Mesta, And Ilda Rahmayeni. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Mitra Beasiswa Ajb Bumiputera 1912 Cabang Kota Pariaman.” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis 6(1):15–30.
  19. Widiawati, Kristiana. 2018. “Peran Standar Kompetensi Karyawan Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Prima Pada Bisnis Perbankan Di Indonesia.” Vocatio : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari 1(2):17–31.
  20. Yuniarta, Frizky, Ika Barokah S., And Gusti Ayu Wulandari. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Pengiriman Paket Pada Pt. Jne Express Cabang Jember Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 6(2):152. Doi: 10.19184/Ejeba.V6i2.11160.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-13
Published: 2024-10-18
Section: Articles
Article Statistics: