Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Nur Afni Khairunisa* -  Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
Sabaria Sabaria -  Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i2.7807

Sebagian besar lulusan perguruan tinggi di Indonesia lebih berkeinginan bekerja di sektor formal yang dianggap lebih menjamin masa depannya, sementara sektor formal tidak mampu menyerap seluruh angkatan kerja lulusan perguruan tinggi. Akibatnya, muncul sejumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi. Kondisi memprihatinkan ini menuntut perguruan tinggi harus mampu membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang dapat menumbuhkan minat berwirausaha agar kelak para sarjana baru yang dihasilkan mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh literasi digital terhadap minat berwirausaha digital pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora (Febira), Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 90 responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan (P<0,05) terhadap minat berwirausaha digital pada mahasiswa  Febira Unimuda Sorong. Model tersebut memiliki koefisien determinansi (R2) sebesar 50,5%. Disimpulkan bahwa mata kuliah literasi digital yang diberikan pada mahasiswa Febira Unimuda Sorong terbukti mampu menumbuhkan jiwa wirausaha digital bagi para mahasiswanya.  

  1. Almi, S.N. & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Digital Literacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era-Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 3(2):242-249. DOI: 10.24036/jmpe. v3i2.8829
  2. Anggraeni, D.O. (2021). Pengaruh antara Literasi Digital, Sikap Berwirausaha, Self Efficacy, dan Lingkungan terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Angkatan Tahun 2017 [skripsi]. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
  3. BPS. (2023). Statistik Indonesia 2023 (Statistical Yearbook of Indonesia 2023) [buku]. Indonesia: Badan Pusat Statistik.
  4. Dewi, D.A.K. & Susanti. (2021). Pengaruh Literasi Digital, Locus of Control, dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Perilaku Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 4(1): 422-432, DOI: 10.34007/jehss.v4i1.672
  5. Drucker, P.F. (2012). Inovasi dan Kewiraswastaan [buku]. Jakarta: Erlangga.
  6. Fernando. (2021). Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial dan E-Commerce terhadap Keputusan Berwirausaha pada Mahasiswa di Jakarta Barat [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.
  7. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25. (Edisi 8). Cetakan ke VIII [buku]. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  8. Giones, F. & Brem, A. (2017). Digital Technology Entrepreneurship: A Definition and Research Agenda. Technology innovation management review, 7(5), 44–51. DOI: 10.22215/timreview1076
  9. Hadi, A.C. (2021). Pengaruh Digital Online Shop terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah) [skripsi]. Jambi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddein.
  10. Hartono, J. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi [buku]. Yogyakarta: BPFE Edisi Kesepuluh.
  11. Hasanah, U.U. & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa dalam E-business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1-18.
  12. Hasmiah, J, Tahir, T, Hasan, M. & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 18–27.
  13. Mutiah, R.L.A. (2022). Pengaruh Digital Literacy dan Penggunaan E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha Digital (Digital Entrepreneurship) pada Mahasiswa Tadris IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  14. Muntiah, N.S., Tama, R.A. & Wafirotin, K.Z. (2022). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) Tahun 2021). Asset: Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 5(2): 105-113. DOI: 10.24269/asset.v5i2.5631
  15. Nanda, A.D. & Sudiana, K. (2022). Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Jurnal Manajemen dan Sains, 7(1): 49-55. DOI 10.33087/jmas.v7i1.366
  16. Nasrullah, Rullie dkk. (2017). Buku Literasi Digital Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.
  17. Permatasari, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [skripsi]. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  18. Rahayu, M.P. & Kurniawan, R.Y. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri sebagai Motivasi Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Paedagogy, 9(4): 834-845. DOI : 10.33394/jp.v9i4.5465
  19. Safitri, L.A. & Dewa, C.B. (2022). Analisa Pengaruh Literasi Keuangan Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Pengelolaan Keuangan Generasi-Z. Asset: Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 5(2): 65-73. DOI: 10.24269/ asset.v5i2.6030
  20. Salsabila, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner yang Terdaftar pada Aplikasi Go Food di Pasar Segar Kota Makassar [skripsi]. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
  21. Sartono, S. (2021). Kewirausahaan Digital (Digital Entrepreneurship). Jurnal Benefit, 8(2).
  22. Susilawaty, E.A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Business Administration (JBA), 2(1): 1-15. DOI: 10.31963/jba.v2i1.3432
  23. /jba.v2i1.3432

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-09-03
Published: 2023-12-15
Section: Articles
Article Statistics: