Klasifikasi Arsip Audio pada Museum Musik Indonesia

Laksmita Triadewi Mounty -  Politeknik Negeri Malang, Indonesia
Salma Amalia -  Politeknik Negeri Malang, Indonesia
Yustinus Indra Lesmana -  Politeknik Negeri Malang, Indonesia
Erlangga Andi Sukma* -  Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i3.7739

Penelitian ini berisi tentang pembahasan bagaimana penggunaan sistem klasifikasi arsip pada koleksi Museum Musik Indonesia. Penggunaan sistem klasifikasi arsip ini bertujuan untuk memudahkan pegawai dan pengunjung museum untuk sarana pengendalian dan membantu dalam mempercepat penemuan kembali koleksi arsip yang dibutuhkan dengan menggunakan sistem serta skema klasifikasi yang berjenjang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan dengan melihat bagaimana karyawan dalam mengklasifikasikan arsip. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan pegawai pada Museum Musik Indonesia secara langsung mengenai penggunaan sistem klasifikasi arsip dan penataannya. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan sistem klasifikasi dan solusi dari permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem klasifikasi geografis atau wilayah pada Museum Musik Indonesia digunakan untuk membantu pegawai dalam penataan dan penemuan kembali arsip serta memudahkan dalam memberikan kode serta skema klasifikasi arsip yang tepat dan benar dan sesuai dengan Perka ANRI No 19 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Klasifikasi.

  1. Basuki, S. (2003). Manajemen Arsip Dinamis: Pengantar, Memahami dan Mengelola Informasi dan Dokumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Fajri, H. (2012). Sistem Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif Di Kantor Perpustakaan, Arsip, Dan Dokumentasi Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 409-417.
  3. Fathurrahman, M. (2018). Pentingnya Arsip sebagai Sumber Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 215-225.
  4. Finnahar, A. M., & Fatmawati, R. (2020). SIstem Klasifikasi Arsip di Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.
  5. Khakim, M. L., Fabian, A., Prasetiyo, G. Y., & Mutiara, S. (2019). Museum Musik Indonesia sebagai Wisata Edukasi Sejarah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Maksum, M. (2010). Mengelola Pengarsipan Digital Seni Visual. Konferensi
  7. Peraturan Kepala ANRI No. 19 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Klasifikasi Arsip.
  8. Ramayanti, R. (2020). Pengelolaan Arsip Media Audio Berita Elektronik pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Stasiun Telanaipura Jambi. Adabiya, 1-14.
  9. Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Press Baru.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-21
Published: 2024-10-18
Section: Articles
Article Statistics: