Peran Individual-Psychological Characteristic dan Competence Terhadap Kreativitas Karyawan UMKM Konveksi

Ali Jufri* -  Muhammadiyah Cirebon University, Indonesia
Nurlindawati Nurlindawati -  Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
Pebi Kurniawati -  Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v5i2.6114

Sumber daya manusia merupakan sumber daya, aset, dan kemampuan yang berharga, langka, tidak dapat diganti, atau tidak dapat ditiru dengan sempurna sehingga dapat menjadi sumber penting bagi keunggulan kompetetitif yang berkelanjutan serta mampu membedakan suatu kinerja. Studi ini memiliki tujuan menganalisis serta menguji pengaruh peran individual-psychological characteristic dan competence terhadap kreativitas karyawan UMKM Konveksi di Kecamatan Pabedilan dan Kecamatan Losari. Metode penelitian yang dipakai menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data berasal dari penyebaran kuesioner yang kemudian diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS 28. Total populasi pada penelitian ini yaitu seluruh karyawan dari 9 Konveksi di Kecamatan Pabedilan dan Kecamatan Losari sebanyak 57 responden. Teknik sampel yang dipakai pada studi ini yaitu menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Hasil studi memperlihatkan bahwa: (1) Peran individual-psychological characteristic mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas karyawan karyawan UMKM Konveksi di Kecamatan Pabedilan dan Kecamatan Losari (2) Competence mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas karyawan UMKM Konveksi di Kecamatan Pabedilan dan Kecamatan Losari (3) Peran individual-psychological characteristic dan competence mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kreativitas karyawan UMKM Konveksi di Kecamatan Pabedilan dan Kecamatan Losari.  

 

 

Supplement Files

  1. Andriopoulos, C. (2001), "Determinants of organisational creativity: a literature review", Management Decision, Vol. 39 No. 10, pp. 834-841. https://doi.org/10.1108/00251740110402328
  2. Arikunto, S. (2002). “Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Andriani, R. R. S. (2019). “Efektivitas Model Number Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran
  3. A'syaroh, I. K. dan Rijanti, T. (2022). “Pengaruh Kompetensi dan Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 7(1), 121-132.
  4. Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17(1), 99– 120
  5. Devi, K. S. dan Suwena, K. R. (2018). “Faktor Psikologis dan Faktor Organisasi Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bpr X”. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 24- 33.
  6. Donni, P. Juni. (2018). “Perencanaan dan Pengembangan SDM”. Bandung. Alfabeta.
  7. Fachrunnisa, Z. H. & Putri, A. Z. (2022). “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM di Kabupaten Purworejo”. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 383-398.
  8. Gaut, B. (2010). The Philosophy of Creativity. Philosophy Compass 5/12 (2010): 1034–1046, 10.1111/j.1747-9991.2010.00351.x
  9. Hariandja, M. T. E. (2002). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Grasindo, Jakarta.
  10. Herawati, J. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Ekstrinsik dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Kreativitas Karyawan pada Industri Kerajinan Perak di Kota Yogyakarta”. Manajemen dan Kewirausahaan, 9(3), 35-55.
  11. Hon, A. H. Y. (2012). “When Competency-Based Pay Relates To Creative Performance: The Moderating Role Of Employee Psychological Need”. International Journal of Hospitality Management, 31(1), 130–138. doi:10.1016/j.ijhm.2011.04.004.
  12. Hora, S., Lemoine, G. J., Xu, N., & Shalley, C. E. (2021). Unlocking and closing the gender gap in creative performance: A multilevel model. Journal of Organizational Behavior, 42(3), 297–312. doi:10.1002/job.2500
  13. Imran, M. K., Ilyas, M., Aslam, U. dan Fatima, T. (2018). “Knowledge Processes And Firm Performance: The Mediating Effect Of Employee Creativity”. Journal of Organizational Change Management, 31(3), 512–531. doi:10.1108/jocm-10-2016-0202.
  14. Kusuma, N. T., Kurniawan, I. S. dan Nurjannah, D. S. (2021). “Strategi Meningkatkan Kreativitas Karyawan Di Era Industri 4.0”. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5(2), 376-389.
  15. Lestari, I., & Simatupang, P. (2020). “Budaya Organisiasi Profesional, Integritas, Kredibel, Kerjasama Tim, Inovatif, Kreatif (PIKKIR) dan Pengaruhnya Terhadap Kreatifitas Pegawai Pada Kantor Badan POM Kota Tanjung Balai.” Manajemen: Jurnal Ekonomi, 2(1), 18-30.
  16. Madjar, Nora. (2005). “The Contributions of Different Groups of Individuals to Employees’ Creativity”. Advances in Developing Human Resources. 7. 182-206. 10.1177/1523422305274525.
  17. Mardyana, Etty. (2013). "Pengaruh Teamwork Terhadap Motivasi Dan Kreativitas Karyawan Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Jember." Skripsi, Universitas Jember.
  18. Nurfaizal, Yusmedi; Dwiatmadja, Christantius; Setyawati, Sri Murni. (2018). Psychological Capital As Mediation Between Family Support And Creative Behavior In Handicraft Sector SMEs. International Journal of Entrepreneurship; Arden Vol. 22, Iss. 3, (2018): 1-9.
  19. Purba, N. dan Setiyono, S. (2022). “Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Indodrill Indonesia”. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(2), 369-377.
  20. Rais, A. dan Zakiy, M. (2019). “Pengaruh Pemberdayaan Psikologis, Locus Of Control Internal Dan Kepemimpinan Pemberdayaan Terhadap Kreativitas Karyawan”. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.
  21. Riansyah, R. dan Sya’roni, D. A. W. (2014). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kreatifitas dan Inovasi Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Konsultan Perencanaan Dan Pengawasan Arsitektur Di Kota Serang, Provinsi Banten”. Sumber, 27, 623-095.
  22. Riko, S. W. (2020). “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Terhadap Kreativitas Karyawan Dengan Knowledge Sharing Sebagai Pemediasi Di Pt. Krafthaus Indonesia”. Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
  23. Surur, A. R. S. (2016). “Pengaruh Tipe Kepribadian Big Five Inventory Terhadap Employee Creativity Di Rubrik Zetizen Pt Jawa Pos Koran”. Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.
  24. Widhiastuti, H. (2014). “Big Five Personality Sebagai Prediktor Kreativitas Dalam Meningkatkan Kinerja Angggota Dewan”. Jurnal Psikologi, 41(1), 115-133.

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (159KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2022-11-11
Published: 2022-12-31
Section: Articles
Article Statistics: