Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dan Return On Equity (ROE) dalam Mempengahruhi Abnormal Return

Fery Setiawan* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Reny Krisdiyanti -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Eka Destriyanto P.A -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v4i1.3889

Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan dan nilai ROE pada abnormal return. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan menggunakan data sekunder yang dapat diperoleh melalui website resmi bursa efek di www.idx.co.id dan website yahoo.finance. Metode analisis yang pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi SPSS versi 20. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan pertambangan yang aktif terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dalam tahun 2015-2019. Sedangkan, sampel yang digunakan pada penelitian ini ditetapkan dengan metode purposive sampling sehingga menghasilkan 85 data yang bisa diolah. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini mengungkapkan jika CSR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan pada abnormal return. Namun ROE mempunyai pengaruh yang signifikan pada abnormal return.

 

Kata Kunci : CSR, ROE, Abnormal Return

  1. Aisah, A.N., dan Mandala, K., (2016), Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share,
  2. Firm Size dan Operating Cash Flow Terhadap Return Saham, E-Jurnal Manajemen Unud,Vol.5 No.11, pp 6907-6936.
  3. Alawiah, S.Z., (2016). Pengaruh Pengungkapan CSR dan Informasi KeuanganTerhadap
  4. Abnormal Return(Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan dan PerusahaanPertanian Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2011-2015), FEBUIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
  5. Arista, Nita dan Astuti, Yuli Widi, (2011), “Pengaruh CSR terhadap profitabilitasDan
  6. kinerja perusahaan (study empiris pada perusahaan LQ45 periode 2007-2008)”, Jurnal Akuntansi Aktual, Vol.1 No.1, pp.30-37.
  7. Aryaningsih, Y.N., Fathoni, A., dan Harini, C., (2017), “Pengaruh Return OnAsset
  8. (ROA),Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham Pada
  9. Perusahaan Consumer Good (Food And Beverages) Yang Terdaftar Di Bursa Efek
  10. Indonesia (BEI) Periode 2013-2016”, Universitas Pandanaran Semarang, Semarang.
  11. Astuti, C.W., dan Nugrahanti, Y.W., (2015), “Pengaruh pengungkapan Corporate Social
  12. Responsibility Terhadap Reaksi Pasar”, Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol.4 No.2, pp.90-105
  13. Awuy, V.P., Sayekti, Y., dan Purnamawati, I., (2016), “Pengaruh Pengungkapan
  14. CorporateSocial Responsibility (CSR) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (SuatuStudi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013)”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.18 No.1, pp 15-26.
  15. Ayu, R.C., dan Istianingsih., (2015), “Pengaruh Pengungkapan CorporateSocial
  16. Responsibility (CSR) dan kinerja keuangan perusahaan terhadap Cummulative Abnormal Return (CAR) (Studi Empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2011)”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 11 No. 2, pp 150-176.
  17. Cheng, M., dan Christiawan, Y.J., (2011), “Pengaruh Pengungkapan CorporateSocial
  18. Responsibility Terhadap Abnormal Return”, Jurnal Akuntansi danKeuangan, Vol.12 No.1, pp 24-36.
  19. Darnita, E., dan Nuswantoro, D., (2013), “Analisis Pengaruh Return On Assets(ROA),
  20. Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM)Dan Earning PerShare (EPS)Terhadap Harga Saham (StudiPada Perusahaan Food Dan Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2008-2012)”, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Semarang.
  21. Felicia., dan Salim S., (2019) “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Informasi Laba,Kebijakan
  22. Dividen Dan Leverage Terhadap Abnormal Return”, Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Vol.1 No. 2, Hal: 372-380
  23. Fitriani, E., dan Hartini, T., (2013), “Pengaruh January Effect Terhadap Abnormal
  24. Return Pada Saham Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”, STIEMDP, pp 1-10.
  25. Harlan, J., (2018), Analisis Regresi Linear (Edisi 1), Depok, Penerbit Gunadarma.
  26. Ilmiani, A., (2012), “PENGARUH LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL
  27. RESPONSIBILITY(CSR) TERHADAP HUBUNGAN UNEXPECTED EARNINGS
  28. DAN RETURN SAHAM”, Jurnal Majalah Neraca, pp. 72-84.
  29. Jogiyanto, (2016), “Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi 11)”, Yogyakarta,
  30. BPFE Yogyakarta.
  31. Kasmir, (2016), “Analisis Laporan Keuangan”, Depok, PT Rajagrafindo Persada.
  32. Kastutisari, S., dan Dewi, N.H.U., (2013), “PENGARUH PENGUNGKAPAN
  33. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) TERHADAP ABNORMAL RETURN”, STIE Perbanas Surabaya.
  34. Meirinanda, N.A., (2018), “Analisis Perbedaan Abnormal Returndan TradingVolume
  35. Activity Sebelum dan Sesudah Peristiwa January Effect di Bursa Efek Indonesia (Event Study pada Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2013-2017)”, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
  36. Nasution, Yenni Samri Juliati, (2015), “HYPOTHESIS PASAR EFISIEN/EFFICIENT
  37. MARKET HYPOTHESIS (Pasal Modal menurut Teori Fama dan Pandangan Islam)”, JURNAL PERSPEKTIF EKONOMI DARUSSALAM, Vol.1 No.1, pp. 25-23.
  38. Nurfadillah, M., (2011), “Analisis Pengaruh Earning Per Share,Debt To Equity Ratio
  39. danReturn On Equity Terahadap Harga SahamPT Unilever Indonesia TBK”, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.12 No.1, pp 45-50.
  40. Oktavia, M., dan Juniarti, (2015), “Pengaruh Corporate Social ResponsibilityTerhadap
  41. Respon Investor Dalam Sektor Pertanian”, Business Accounting Review, Vol.3 No.2, pp 11-20.
  42. Prihatiningtias, Y.W., dan Dayanti, N., (2014), “Corporate Social Responsibility
  43. DisclosureAnd Firm Financial Performance In Mining And Natural Resources”, The International Journal of Accounting and Business Society, Vol.22 No.1.
  44. Putri, M.E.K., dan Budiasih, I.G.A.N., (2019), “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
  45. Responsibility Terhadap Abnormal Return”, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas
  46. Udayana, Vol.8 No.9, pp. 997-1022.
  47. Rachmawati, (2019), "36 Anak di Kaltim Tewas Tenggelam di Lubang Tambang: Saya
  48. Lihat Cucu Mengambang di Danau...",Kompas.com, dikunjungi pada tanggal 16 November 2019, https://regional.kompas.com/read/2019/10/31/06260001/36-anak-di-kaltim-tewas-tenggelam-di-lubang-tambang-saya-lihat-cucu?page=all.
  49. Rifnawati, L.A., (2017), “Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap abnormal return pada
  50. perusahaan sumber daya alam yang terdaftar di Indonesia”, FEB Universitas
  51. Mulawarman Samarinda.
  52. Sidharta S.D., dan Juniarti, (2015), “Pengaruh Corporate Social ResponsibilityTerhadap
  53. Respon Investor Dalam Sektor Keuangan”, Business Accounting Review, Vol.3 No.1, pp 245-256.
  54. Suroto, dan Nugraha, A., (2019), “The Effect Of Corporate Social Responsibility
  55. Disclosures And Financial Information On Abnormal Return (Empirical Study on Food and Beverage Sub-sector Manufacturing Companies Listed on Indonesian Stock Exchange in 2013-2017)“, Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.34 No.31, pp 102-115.
  56. Tulhasanah, D., dan Nikmah, (2017) “Pengaruh Corporate Social Responsibility
  57. Disclosure(CSRD) Terhadap Rasio Profitabilitas dan Earning Response Coeffisient (ERC)”, Jurnal Akuntansi, Vol.7 No.3, pp 1-16.
  58. Wulolo, C.F., dan Rahmawati, I.P., (2017), “Analisis Pengungkapan CorporateSocial
  59. Responsibility Berdasarkan Global Reporting Initiative G-4”, Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 13 No.1, pp 53-60.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-06-02
Published: 2021-06-26
Section: Articles
Article Statistics: