Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing
DOI:
https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652Abstract Dalam mencegah penyebaran COVID-19 Pemerintah Indonesia menerapkan jarak fisik. Penerapan kondisi jarak fisik menghasilkan persaingan yang semakin ketat untuk instrumen pembayaran digital, dan salah satu instrument pembayaran digital yang sedang berkembang adalah ovo. Strategi yang tepat diperlukan dalam, menghadapi persaingan antara perusahaan yang menyediakan instrument pembayaran digital untuk mencapai loyalitas pelanggan. Penelitian ini menyajikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, yaitu kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Subjek penelitian ini adalah pengguna OVO di Yogyakarta dan Solo. Pemilihan sampel menggunakan non-probability sampling yang terdiri dari 120 responden. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Studi ini menemukan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan memiliki efek positif pada loyalitas pelanggan baik secara bersamaan maupun sebagian.
References
Husain. Umar. 2005. Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia, Jakarta.
Khafiyah, Nurits N. 2019, “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVOâ€, Skripsi Pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Kotler. Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, PT. Erlangga, Jakarta.
Mukaromah, Vina Fadhrotul. (2020, April 1). WHO Gunakan Istilah Physical Distancing, Ini Bedanya dengan
Social Distancing. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/061500965/who-gunakan-istilah-physical-distancing-ini-bedanya-dengan-social?.
Rohman, Abdur. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel MR. MONTIR TM CITAYAM’, Skripsi Pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Sujarweni, Wiratna. 2015.SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru. Press, Yogyakarta.
Sutedja. Wira. 2007. Panduan Layanan Konsumen, PT. Grasindo, Jakarta.
Tjiptono. Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono. Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.