Pengaruh Koordinasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Konsultan Keuangan Di PT Syncore Indonesia
DOI : 10.24269/asset.v6i3.10591
Koordinasi merupakan suatu proses pengintegrasian tujuan lembaga dan kegiatan pada satuan yang terpisah dalam suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan bersama. Koordinasi sendiri juga tujuannya untuk menciptakan nilai keefektifan dan keefisiensian suatu lembaga dengan cara melakukan penyelarasan dalam berbagai kegiatan lembaga atau organisasi. Sedangkan kepemimpinan sendiri merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh setiap individu yang mencakup sifat integritas, pengetahuan, keberanian, inisiatif, kebijaksanaan, keadilan, dapat dipercaya, sikap tidak mementingkan diri sendiri. Tujuan dari kepemimpinan sendiri yaitu untuk memotivasi orang lain atau anggotanya untuk melakukan hal baik dan memaksimalkan kemampuan dalam diri. Tanpa adanya seseorang yang berjiwa kepemimpinan, suatu organisasi akan kurang termotivasi atau bersemangat dalam mencapai tujuannya. Akan tetapi dalam menentukan pemimpin tidak dapat dilakukan dengan asal atau terkesan ngawur, melakukan seleksi bertahap yang dapat dilakukan guna menentukan calon pemimpin yang akan dipilih nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari koordinasi dan kepemimpinan terhadap kinerja konsultan keuangan. Konsultan keuangan merupakan seseorang yang memberikan jasa konsultasi mengenai finansial dan serta membantu mengenai penyusunan strategi keuangan bagi konsumen atau klien. Peran utama konsultan keuangan yaitu memberi gambaran terkait metode untuk keperluan menyelesaikan masalah serta menjelaskan tentang setiap risiko yang mungkin terjadi kedepannya. Pada penelitian ini saya menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dimana saya melakukan observasi dan wawancara langsung selama melakukan KKL di PT Syncore Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah saya lakukan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu : koordinasi dan kepemimpinan merupakan hal penting yang harus diterapkan dengan baik dalam suatu organisasi atau lembaga khususnya dalam lingkup konsultan keuangan.
Kata kunci : Koordinasi, Kepemimpinan, Konsultan keuangan
- R. Ameliawati Dan Rini N. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada CV. Fan Jaya Logam Kaliwungu)” Diponegoro Journal Of Management, Vol 4, No 2, (2015)
- E. W. H. U. Saputra, M. Indrawati dan Woro U. “Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Pegawai Badan Koordinasi Wilayah Ii Bojonegoro Pemprov Jatim Melalui Motivasi Kerja” Journal Of Applied Management And Accounting Science (Jamas), Vol 2, No 2 (2021)
- M. H. Saragih, A. Andana, F. A. Hafiz dan Muhammad A. M. “Pengaruh Kepemimpinan Servant dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)” binus journal publishing vol 3, no 1 (2021)
- U. Hidayati “Kebutuhan Konsultan Keuangan Dan Perpajakan Bagi Ukm Di Kota Semarang” Vol 1, No. 2 (2013)
- I. Gulo, M. A. Rahawarin Dan Julia T. P. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokrasi Dan Koordinasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Maluku” Journal On Education Vol 5, No 3 (2023)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.