Pengaruh Kreativitas, Motivasi, Dan Keterampilan Wirausaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha

Novianti Suryaningsih* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Hadi Sumarsono -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Sri Hartono -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI : 10.24269/asset.v6i3.10574

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas, motivasi dan keterampilan wirausaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha pedagang pakaian dipasar tradisional. Populasi penelitian ini adalah pedagang pakaian dipoasar tradisional, dan sempel penelitian ini melibatkan 96 pedagang pakaian dipoasar tradisional.. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh dalam meningkatkan keberhasilan usaha pedagang pakaian dipasar tradisional yang ditunjukkan dengan pada hasil regresi berganda yaitu  Y = 3,661 + 0,448X1 + 0,427X2 + 0,268X3 + e. Dari hasil uji pearsial variabel kreativitas dalam meningkatkan keberhasilan usaha diperoleh nilai t hitung = 2,242>1,986, variabel motivasi dalam meningkatkan keberhasilan usaha diperoleh nilai t hitung = 2,966>1,986, dan variabel keterampilan wirausaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha diperoleh nilai t hitung = 2,037>1,986, ihali inii menunjukkan bahwa secara persial variabel kreativitas, motivasi dan keterampilan wirausaha memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan keberhasilan usaha pedagang pakaian dipasar treadisional. Hasil iuji iF diperoleh nilai F hitung > F table (27,654>2,70) dengan tingkat probility (0,000<0,05). iHasil diperoleh dari nilai ikoefisien determinasi (R2) sebesar 0,474 artinya kreativitas, motivasi dan keterampilan wirausaha mampu meningkatkan keberhasilan usaha pedagang pakaian dipasar tradisional, isebesar i47,4% dan sisanya 52,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Keyword : Kreativitas, Motivasi, Keterampilan Wirausaha, Keberhasilan Usaha

  1. Wati, L., Dahmiri, D., & Indrawijaya, S. (2020). Pengaruh motivasi terhadap keberhasilan usaha para pedagang di Pasar Parit di Kuala Tungkal Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(3), 117–130. https://doi.org/10.22437/jdm.v8i3.16873
  2. Yusniar. (2017). Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap peningkatan keberhasilan Usaha Industri Kecil Batu Bata di Kecamatan Muara Batu dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 59–67.
  3. Iskandar, K. A., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Keterampilan Wirausaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(1), 14–20. https://doi.org/10.35137/jei.v21i1.403
  4. Sarjono, A., & Tyra, M. J. (2019). Pengaruh Karakteristik, Sikap, Dan Keterampilan Wirausahawan Rumah Makan Pempek Di Kota Palembang Terhadap Keberhasilan Usaha. In Jurnal Keuangan dan Bisnis (Vol. 17, Issue 1, p. 92). https://doi.org/10.32524/jkb.v17i1.492
  5. Kohardinata, J. L. dan C. (2020). Startup Makanan Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5, 224–232
  6. Kristian, D., & Gofur, A. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Umkm Dipademangan Jakarta Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 106–115.
  7. Silmi. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.
  8. Maret, N., Ekonomi, P., Ah, S., Usaha, B., Di, P., & Ditinjau, I. (2014). Visionist Visionist. 3(September).
  9. Susanto, H. (2019). Analisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, lokasi usaha dan kreativitas pengusaha terhadap keberhasilan usaha pada Usaha Kecil Menengah (UKM). E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(2), 200–214. http://jurnalprofit.org/index.php/profit/article/view/57

Article Info
Submitted: 2024-11-16
Published: 2024-11-18
Section: Articles
Article Statistics: