PENGARUH KEBIJAKAN PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, INOVASI SAMSAT 4.0 DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT PONOROGO

Dendi Eka Pratama* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Wahna Widhianingrum -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Fery Setyawan -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i3.10573

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Inovasi Samsat 4.0 dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Bersama Samsat Ponorogo. Analisis data penulis lakukan di awali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert dimana alternatif jawaban nilai 1 sampai dengan 5 pemberian skor dilakukan atas jawaban pertanyaan baik mengenai Kebijakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (X1), Inovasi Samsat 4.0 (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) maupun Kepuasan Masyarakat (Y).

Key Word: Kebijakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Inovasi Samsat 4.0, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

  1. Anam, Hoirul. Model Inovasi Samsat 4.0 Disiplin Santri. Vol 2, 2 (2014).
  2. Djunaidi, 2012, Analisis Kepuasan Masyarakat Karyawan dengan Pendekatan Fuzzy Service
  3. Fahmi, Irham. 2013 Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi dan Kasus Bandung; Alfabeta.
  4. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 21 Update
  5. PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  6. Grifin, R.W. 2014. Manajemen. Jakarta: Erlangga.
  7. Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Hasibuan, M. 2014. Organisasi dan Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi
  9. Aksara.
  10. Luthans, Fred. 2014. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.
  11. Martoyo, Susilo. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
  12. Naning Kristiyana dan Wahna Widyaningrum. 2018. Manajerial Skill. Ponorogo. Universitas
  13. Muhammadiyah Ponorogo.
  14. Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk
  15. Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
  16. Santoso, S. 2013. Statistik Multivariat, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo
  17. Sedarmayanti. 2013. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, cetakan kedua, Bandung:
  18. Mandar Maju.
  19. Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
  20. Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge, 2017. Perilaku Organisasi Edisi 16, Jakarta
  21. :Salemba Empat
  22. Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
  23. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
  24. Bandung : Alfabeta.
  25. Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta,
  26. tahun
  27. Umi Farida dan Sri Hartono. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II (Buku Ajar).Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press

Article Info
Submitted: 2024-11-16
Published: 2024-11-18
Section: Articles
Article Statistics: