PENGARUH DAYA TARIK WISATA, INOVASI PRODUK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA MADIUN UMBUL SQUARE

Farel Bragas Pradipta* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Adi Santoso -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Titis Purwaningrum -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i3.10544

Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran  yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum. Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Daya Tarik Wisata, Inovasi Produk Wisata dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Madiun Umbul Square. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung Madiun Umbul Square yaitu sebanyak 100 orang. Tahapan pengujian yang digunakan meliputi uji instrument, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini menghasilkan uji parsial (t) adalah sebagai berikut Daya Tarik Wisata (X1) = 7,699, Inovasi Produk Wisata (X2) = 2,124, dan Electronic Word Of Mouth (X3) = 4,566


Keywords : Daya Tarik Wisata, Inovasi Produk Wisata, Electronic Word Of Mouth, Minat Berkunjung Kembali


  1. Aldalm, K. Al. (2022). PENGAlRUH E-WORD OF MOUTH DAlN CITRAl WISAlTAl TERHAlDAlP MINAlT BERKUNJUNG PAlDAl WISAlTAl PAlNTAlI FIRDAlUS KECAlMAlTAlN KEMAl. Jurnall EMBAl: Jurnall Riset Ekonomi, Malnaljemen, Bisnis daln Alkuntalnsi, 10(4), 1194-1204.
  2. Alnisal, N. R. (2021). Pengalruh Lalbel Hallall daln Inovalsi Produk Terhaldalp Minalt Beli Ulalng (Survei Online Paldal Pengikut Instalgralm@ Salfiindonesial). Jurnall Indonesial Sosiall Salins, 2(12), 2138-2146.
  3. Baltubalral, R. P., & Putri, D. Al. (2022). AlNAlLISIS PENGAlRUH DAlYAl TAlRIK WISAlTAl TERHAlDAlP MINAlT BERKUNJUNG ULAlNG WISAlTAlWAlN DI TAlMAlN NAlSIONAlL GUNUNG HAlLIMUN SAlLAlK. Jurnall Industri Palriwisaltal, 4(2), 94-101.
  4. Bolalng, E. H., Malnalneke, L., & Lintong, D. C. Al. (2021). Pengalruh Electronic Word Of Mouth, Lokalsi Daln Halrgal Tiket Terhaldalp Minalt Berkunjung Wisaltalwaln Paldal Malkaltete Hill’S Desal Walrembungaln. Jurnall EMBAl: Jurnall Riset Ekonomi, Malnaljemen, Bisnis daln Alkuntalnsi, 9(1).
  5. Dalrmalnto, daln Walrdalyal, S. (2016). Malnaljemen Pemalsalraln. Yogyalkalrtal: deepublish.
  6. Dalrojalt, I. (2021). Alnallisis Pengalruh Dalyal Talrik Wisaltal daln Kuallitals Pelalyalnaln Terhaldalp Minalt Berkunjung Ulalng Dengaln Kepualsaln Pengunjung Sebalgali Valrialbel Intervening (Studi Paldal Citral Ralyal Walter World). Dynalmic Malnalgement Journall, 5(1), 23-37.
  7. Devi, I. R., & Salri, S. L. (2022, October). PENGAlRUH WOM (WORD OF MOUTH) DAlN DAlYAl TAlRIK WISAlTAl TERHAlDAlP MINAlT BERKUNJUNG ULAlNG PAlDAl TELAlGAl SAlRAlNGAlN (STUDI KAlSUS MAlSYAlRAlKAlT KAlBUPAlTEN MAlGETAlN). In SIMBAl: Seminalr Inovalsi Malnaljemen, Bisnis, daln Alkuntalnsi (Vol. 4).
  8. Fernalldi, E. H., & Sukresnal, I. M. (2018). The influence of tourist evallualtive falctors on tourist behalviorall intention: the medialting role of tourist saltisfalction. Diponegoro Internaltionall Journall of Business, 1(1), 33-39.
  9. Kusumaldewi, N. M. W. (2019). Pengalruh inovalsi produk terhaldalp nialt pembelialn ulalng dimedialsi oleh kepualsaln konsumen. E-Jurnall Malnaljemen Universitals Udalyalnal, 8(8).
  10. Nalfis, R. W. (2021). Inovalsi, Kepercalyalaln, Daln Electronic Word Of Mouth Untuk Mendorong Minalt Berkunjung Wisaltalwaln Palntali Gemalh Tulungalgung. Jurnall Nusalntalral Alplikalsi Malnaljemen Bisnis, 6(1), 129-137.
  11. Ngaljow, M. T., Talwals, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengalruh Dalyal Talrik Wisaltal Daln Citral Objek Wisaltal Terhaldalp Minalt Berkunjung Paldal Objek Wisaltal Bukit Kalsih Kalnonalng, Dengaln Palndemi Covid 19 Sebalgali Valrialbel Moderaltor. Jurnall EMBAl: Jurnall Riset Ekonomi, Malnaljemen, Bisnis Daln Alkuntalnsi, 9(2).
  12. Palulus, Al. L., & Walrdhalni, Z. K. (2018). Keunggulaln bersaling usalhal calke daln balkery: peraln orientalsi palsalr, orientalsi kewiralusalhalaln, daln inovalsi produk. Jurnall Malnaljemen, 10(2), 88-96.
  13. Prialnsal, D. J. (2016). Pengalruh e-wom daln persepsi nilali terhaldalp keputusaln konsumen untuk berbelalnjal online di Lalzaldal. Jurnall Ecodemial: Jurnall Ekonomi Malnaljemen daln Bisnis, 4(1), 117-124.
  14. Ralnggalsuri, F. M. R., & Ernalwalti, S. (2022). Pengalruh Inovalsi Produk daln Halrgal Terhaldalp Minalt Beli Ulalng Konsumen (Studi Kalsus Mocks Balr di Kotal Bimal). JOURNAlL SCIENTIFIC OF MAlNDAlLIKAl (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 3(8), 102-114.
  15. Talnjung, Al., Bintalrti, S., & Nurpaltrial, E. (2022). Pengalruh Dalyal Talrik Wisaltal, Falsilitals, Daln Electronic Word Of Mouth Terhaldalp Minalt Kunjung Paldal Situ Ralwal Gede. IKRAlITH-EKONOMIKAl, 5(2), 146-156.
  16. Victor Ringhalrd Palttipeilohy . 2018. Inovalsi Produk Daln Keunggulaln Bersaling: Pengalruhnyal Terhaldalp Kinerjal Pemalsalraln (Studi Paldal Usalhal Nalsi Kuning Di Keluralhaln Baltu Mejal Kotal Almbon). Jurnall Malneksi Vol 7, No. 1, Juni 2018. Politeknik Negeri Almbon.

Article Info
Submitted: 2024-11-13
Published: 2024-11-18
Section: Articles
Article Statistics: