INFLUENCE OF STORE ATMOSPHERE, PHYSICAL EVIDENCE, AND BRAND IMAGE ON PURCHASE DECISIONS IN RINDU ALAM COFFE, NGEBEL PONOROGO

Anfal Husna Tuada* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Titi Rapini -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Fery Setiawan -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v6i3.10540

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere, Physical evidence dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kopi Rindu Alam ngebel ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu data yang dapat dihitung dalam bentuk angka. Analisis data oleh penulis diawali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert dimana alternatif jawaban dengan nilai 1 sampai 5 diberi skor untuk jawaban. Berdasarkan hasil pembahasan menurut data yang dikelola dengan model analisis regresi linier berganda, disimpulkan bahwa; Berdasarkan hasil uji t variabel bebas Store Atmosphere diperoleh nilai t hitung > t tabel (10,966 > 1,982), maka Ho ditolak artinya ada pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian. Bukti Fisik, diperoleh nilai t hitung > t tabel (10,036 > 1,982), maka Ho ditolak artinya Bukti Fisik berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Citra Merek diperoleh nilai t hitung > t tabel (16,988 > 1,982), maka Ho ditolak artinya Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji F variabel dependen Keputusan Pembelian diperoleh nilai F hitung > F tabel (210,308 > 2,69), maka Ho ditolak artinya ada pengaruh Store Atmosphere, Physical evidence dan Brand Image secara bersamaan pada Keputusan Pembelian

.

Keywords : Suasana Toko, Bukti Fisik, Citra Merek, Keputusan Pembelian


  1. Alindra, Aput Ivan. 2015. Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian
  2. Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatakan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Basu Swasta. 2014. Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
  4. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Kotler, P dan K. Lane. 2015. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Jilid II. PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
  6. Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
  7. M. Misbakhul Munir. 2017. Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Permata di Kecamatan Balapulang. Universitas Diponegoro Semarang.
  8. Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
  9. Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga
  10. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  11. Terence A. Shimp. 2016. Periklanan Produk dan Aspek Tambahan Harga Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
  12. Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.
  13. William J. Stanton. 2019. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun. Jakarta: Erlangga.

Article Info
Submitted: 2024-11-13
Published: 2024-11-18
Section: Articles
Article Statistics: