KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SPLDV KELAS VIII BERBANTUAN VIDEO ANIMASI

Anisa Rahmawati -  Universitas Sriwijaya, Indonesia
Zuli Nuraeni* -  Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v6i2.4340

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa kelas VIII melalui pembelajaran flipped classroom pada materi SPLDV berbantuan video animasi yang diukur menggunakan beberapa indikator kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah angket, observasi dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran flipped classroom pada materi SPLDV berbantuan video animasi sudah tergolong baik sebesar 81,11%, walau masih ada beberapa siswa yang kurang mandiri dari beberapa indikator. Dari masing-masing indikator yaitu indikator percaya diri sebesar 74,80% dengan kriteria baik, indikator aktif sebesar 80,04% dengan kriteria baik, indikator disiplin sebesar 90,59% dengan kriteria sangat baik, dan indikator tanggung jawab sebesar 76,01% dengan kriteria baik.

Keywords
Learning independence, Flipped classroom, SPLDV,
  1. Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 288–294.
  2. Alanda, Y., Mustangin, & Hasana, S. N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Flipped Classroom dengan Media Edmodo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP3, 14(6), 24–32.
  3. Andriyani & Suhendri. (2019). Model Flipped Classroom Menggunakan Pendekatan Problem Based Learing. Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287–292.
  4. Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral pada Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31.
  5. As’ari, A. R. & Dkk. (2017). Matematika SMP/MTs kelas VIII semester I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.
  6. Azis, A. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15–29.
  7. Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Bio-Medica : Atenei Parmensis, 91(1), 157–160.
  8. Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education, 1(2), 15-22.
  9. Hidayat, D. R., dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
  10. Hutauruk, L. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi SPLDV dengan Menggunakan Budaya Khas Palembang yang Berbasiskan Taksonomi SOLO Superitem Siswa Kelas IX. Presented at the Universitas PGRI Palembang. Universitas PGRI Palembang: Prosiding Seminar Nasional.
  11. Indaryanti, Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2019). Implementasi Listening Team Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. 243–249. Universitas Sriwijaya, Palembang: Proceeding National Conference on Mathematics Education (NaCoME).
  12. Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7.
  13. Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Bealajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38–49.
  14. Ozdamli, F., & Asiksoy, G. (2016). Flipped Classroom Approach. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 8(2), 98–105.
  15. Pratitis, N. (2018). Perbedaan Tingkat Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Metode Pembelajaran Pada Anak. Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 60–68.
  16. Putra, A., & Syelitiar, F. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 23–31.
  17. Rahman, R. M. (2019). Aplikasi Rekapitulasi Kuesioner Hasil Proses Belajar Mengajar Pada STMIK Indonesia Banjarmasin Menggunakan Java. Technologia, 10(3), 165—171.
  18. Roudlo, P. A. M. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Pendekatan STEM. Presented at the Seminar Nasional Pascasarjana, Semarang.
  19. Saputra, M. E. A. & Mujib. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep. Desimal Jurnal Matematika, 1(2), 173–179.
  20. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  21. Syibli, M. A. (2018). Profil Kemandirian Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 47–54.
  22. Tucker, C. R., Wycoff, T., & Green, J. T. (2017). Blended Learning in Action A Practical Guide Toward Sustainable Change. California: SAGE.
  23. Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. Jurnal Islamila : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(1), 34–45.
  24. Wahyu, F. B., dkk. (2020). Dampak COVID 19 dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 100–106.
  25. Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Daring Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911.
  26. Yanti, Y. A., Buchori, A., & Nugroho, A. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 381–392.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-11-16
Published: 2022-01-02
Section: Artikel
Article Statistics: