PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEORI BILANGAN BERBANTU MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Ratih Handayani* -  , Indonesia
Yulina Yulina - 
Purna Bayu Nugroho - 

DOI : 10.24269/silogisme.v5i2.3056

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar teori bilangan berbantu macromedia flash yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam meyelesaikan soal-soal non rutin. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang meliputi tahapan, Penelitian Pendahuluan guna analisis kebutuhan, Fase Prototipe yaitu desain produk, kemudian Tahap Penilaian dengan proses validasi dan praktis dilanjutkan dengan revisi produk, tahapan berikutnya adalah ujicoba produk, revisi produk, dan produk akhir. Setelah proses validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa serta uji respon mahasiswa terkait kepraktisan, menunjukkan bahwa produk buku ajar teori bilangan berbantu macromedia flash yang dikembangkan terkategori “cukup baik” dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan menggunakan instrumen soal non rutin menunjukkan bahwa banyaknya mahasiswa yang mendapatkan hasil belajar diatas kategori cukup sebanyak 86,67%. Kesimpulannya bahan ajar teori bilangan berbantu macromedia flash layak untuk diguanakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam meyelesaikan soal-soal non rutin

Supplement Files

Keywords
Creatve Thinking Skills, Macromedia Flash, The Theory of Number, Teaching Materials,
  1. Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3(2).
  2. Haji, S. (2010). Meningkatkan kualitas Pembelajaran Teori Bilangan melalui Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional Sains, 22–24.
  3. Handal, P. Y. (2015). Implementasi Pembelajaran Teori Bilangan dalam Matematika untuk Memilih Pemimpin Bangsa yang Handal. AdMathEdu, 5(1), 77–86.
  4. Hartati, L. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 373–381.
  5. Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.
  6. Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
  7. Mahmudah, W., & Triyana, I. W. (2018). Pengembangan Buku Ajar untuk Mendukung Pembelajaran Model Think-Pair-Share pada Mata Kuliah Teori Bilangan. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 77–83.
  8. Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
  9. Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2018). Scaffolding Pada Penyelesaian Soal Non Rutin Telescopic. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2), 44–52.
  10. Monalisa, L. A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika Berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pancaran, 5(4), 191–200.
  11. Muwaffaq, A., & Mawartiningsih, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konsep Development of Macromedia Flash 8 Learning Media Based Concept Approach. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 441–447.
  12. Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104–111.
  13. Nugroho, A. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika melalui E-Learning pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 67–89.
  14. Sadjati, I. M. (2012). Hakikat Bahan Ajar. Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
  15. Saputra, V. H., & Permata. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. Wacana Akademika, 2(2), 116–125.
  16. Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemamapuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
  17. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yudha, F., &
  18. Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21 st Century Students in Solving the Problems of “ Locating Dominating Set ” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), 6495(3), 163–176.
  19. Nugroho, A. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika melalui E-Learning pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 5(1), 67-89

Full Text: Supp. File(s):

Subject
Type Research Instrument
  Download (133KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-09-25
Published: 2021-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: