EFEKTIVITAS BUKU AJAR MATEMATIKA SMP BERBASIS 3-D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Sutrisno Sutrisno -  UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia
Dina Prasetyowati* -  UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia
Kartinah Kartinah -  UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, Indonesia

DOI : 10.24269/js.v3i1.825

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku ajar matematika SMP berbasis 3-D untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Dengan teknik cluster random sampling dengan cara acak diambil dua kelas VIII yaitu kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dengan model konvensional dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan buku ajar matematika SMP berbasis 3-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dikatakan efektif. Dalam kriteria efektif produk ditunjukkan dari prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari analisis menggunakan uji-t didapatkan thitung > ttabel yaitu 5,250 > 1,6675, maka H0 ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan buku ajar matematika SMP berbasis 3-D lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika SMP berbasis 3-D untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ini efektif digunakan sebagai proses pembelajaran.

  1. Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al-Ghazali: Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: Pustaka.
  2. Kartinah. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.
  3. NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.
  4. NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.
  5. Prasetyowati, Dina. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dan Konstruktivisme dengan Pendekatan SAVI Berbantuan CD Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Unnes.
  6. Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Kartika.
  7. Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia di http://p4tkmatematika.org /downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf
  8. Steven, D. S. (1991). An Introduction to Critical Thinking. Tersedia: http://www.Freeinquiry.Com/naturalism.html.
  9. Sutrisno, dkk. 2013. Pengembangan Desain Pembelajaran Berkarakter Berbasis ICT Program PGBI IKIP PGRI Semarang (Studi Kasus Mata Kuliah Operasi Riset).
  10. Within. (1992). Mathematics Task Centre; Professional Development and Problem Solving. In J Wakefield and L. Velardi (Ed). Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.
  11. Zulkardi. 2010. How to Design Mathematics Lessons Based on the Realistic Approach? Diperoleh dari www.reocities.com/ratuilma/rme.html (Diunduh 22 Januari 2016).
  12. Zuliana, Eka. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII B MtsN Kudus Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Materi Kubus Dan Balok. Penelitian Tindakan Kelas. UMK.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-01-17
Published: 2018-05-31
Section: Artikel
Article Statistics: