ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SISWA SMK KELAS X

Imro'atul Mufidah* -  Universitas Negeri Malang, Indonesia
Hery Susanto -  Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sudirman - -  Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v6i2.4316

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar matematika siswa kelas X SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Sawoo Ponorogo sebanyak 34 siswa dan 2 orang guru mata pelajaran matematika kelas X. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data antara lain teknik wawancara dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Data hasil wawancara adalah siswa belum aktif dalam pembelajaran, keterbatasan bahan ajar matematika, bahan ajar yang digunakan belum mendukung penemuan konsep matematika, siswa belum mampu memahami hal – hal yang bersifat abstrak dalam matematika. Data hasil angket siswa adalah  sumber belajar yang digunakan siswa  antara lain internet 9,15% , Buku teks dari pemerintah 78,81%, dan buku teks dari sumber lain 12,04%. Sedangkankan data angket kebutuhan bahan ajar yang diinginkan oleh siswa adalah buku ajar 12,41%, modul 67,16%, Handout 7,74%, dan LKPD 12,69%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika masih sangat terbatas , siswa membutuhkan bahan ajar yang mudah dipahami dan dapat digunakan secara mandiri.berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar modul matematika berbasis realistik, dengan bahan ajar modul matematika berbasis realistik dapat menuntun siswa dalam menemukan pengetahuan secara mandiri dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. 

Keywords
Needs Analysis, ingredients, mathematical
  1. Bunga, Non, Isrok’atun, dan Julia. 2016. “Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal Pena Ilmiah 1. https://doi.org/DOI: 10.23819/pi.v1i1.2973.
  2. Fajrizal, Rafika, Farida, dan Abi Fadila. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran JUCAMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar.” Jurnal e-DuMath 5.
  3. Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11. https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.
  4. Jazim, Rahmad Bustanul Anwar, dan Dwi Rahmawati. 2017. “The use of mathematical module based on constructivism approach as media to implant the concept of algebra operation.” International Electronic Journal of Mathematics Education 12.
  5. Misu, La. 2014. “Mathematical Problem Solving of Student by Approach Behavior Learning Theory.” International Journal of Education and Research 2.
  6. Mulbar, Usman, dan Ahmad Zaki. 2018. “Design of Realistic Mathematics Education on Elementary School Students.” International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research. Journal of Physics. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/1028/1/012155.
  7. Mustafa, Devy, dan Anwar Efendi. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP.” Journal LingTera 3. http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i1.8469.
  8. Mustamin, Anggo. 2011. “Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 1.
  9. Nurhairunnisah, Sujarwo. 2018. “Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320.
  10. Perdana, FA, Sarwanto, Sukarmin, dan Sujadi. 2017. “Development of module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school.” International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 1: 45–54. https://doi.org/doi: 10.20961/ijsascs.v1i1.5112.
  11. Putri, Pridata Geni, Ahmad Fauzan, dan Media Rosha. 2018. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik.” Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika 7.
  12. Rahmadani, Risma, Nia Jusniani, dan Guntur Maulana. 2021. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Pair Check.” MATHEMA JOURNAL 3.
  13. Rahmawati, Firiana. 2013. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding SEMIRATA 2013 1 (1): 225–38.
  14. Sari, Dewi Purnama. 2021. “Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Materi Program Linear Menggunakan Model Problem Based Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 6.
  15. Sudirman, Manopo, dan I Made Sulandra. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Perbandingan Bercirikan Realistic Mathematics Education.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
  16. Susanto, H,. Erry Hidayanto, dan Yulia Fatmianeri. 2021. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10. https://doi.org/DOI : 10.25273/jipm.v10i1.8709.
  17. Widyastuti, dan Pujiastuti. 2014. “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa.” Jurnal Prima Edukasia 2.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-11-10
Published: 2022-01-02
Section: Artikel
Article Statistics: