ANALISIS MODEL DAN KARAKTERISTIK ANTRIAN PELANGGAN PADA TOKO MINUMAN DI JAKARTA TIMUR

Adi Rahman -  Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Agustiani Putri* -  Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i2.3063

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model distribusi jumlah kedatangan dan waktu pelayanan pelanggan pada toko minuman cappucino cincau tempo doeloe. Penelitian ini adalah penelitian terapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Penulis melakukan observasi dengan mengunjungi lokasi penelitian di toko minuman cappucino cincau tempo doeloe agar mendapatkan data yang otentik dan spesifik. Subjek dalam penelitian ini adalah toko minuman cappucino cincau tempo doeloe yang berlokasi di Jalan Pisangan Lama III, RT.10/RW.07, Pisangan Timur, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan selama 30 menit. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan pada toko minuman cappucino cincau temp doeloe dapat disimpulkan bahwa model antrian pada tempat minuman ini adalah (G/M/1):(GD/∞/∞) artinya pola kedatangan dan pola pelayanannya berdistribusi general dengan jumlah fasilitas pelayanan yang beroperasi sebanyak 1 buah. Sistem antrian pada tempat ini dalam kondisi baik dengan rata-rata jumlah kedatangan tidak melebihi rata-rata kecepatan pelayanan pembeli.

Supplement Files

Keywords
Capuciono Cincau Tempo Doeloe, Exponential Distribution, Poisson Distribution, Queue
  1. Aulele, S. N. (2014). Analisis Sistem Antrian Pada Bank Mandiri Cabang Ambon. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 8(1), 45–49. https://doi.org/10.30598/barekengvol8iss1pp45-49
  2. Bahar, S., Mananohas, M. L., & Montolalu, C. (2018). Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado. Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN, 7(1), 15. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.19549
  3. Heizer, J., & Render, B. (2006). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
  4. Kakiay, T. J. (2004). Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta.
  5. Khairunisa, W. A., & Putri, A. (2018). Studi Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Di Universitas Negeri Jakarta (Kampus a) Berdasarkan Kemampuan Peta Mental Mahasiswa Pendidikan Geografi Tahun Angkatan 2016. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 3(1), 37–46.
  6. Lore, H., Hartama, D., & Kom, S. T. M. (2019). Analisis Antrian Pada Alfamart Di Jalan Jawa Pematangsiantar. Seminar Nasional Matematika dan Terapan, 1(2), 692–696.
  7. Mulyono. (2017). Riset Operasi. Jakarta: Fakultas Ekkonomi Universitas Indonesia.
  8. Murti, K. B., Sulistya, L. D., & Liquiddanu, E. (2018). Simulasi Model Antrian Kasir Alfamart Pucangsawit Menggunakan Software Arena. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 110–119.
  9. Nurfitria, D., Nureni, N., & Utami, I. T. (2017). Analisis Antrian Dengan Model Single Channel Single Phase Service Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) I Gusti Ngurahrai Palu. In Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan (Vol. 12). https://doi.org/10.22487/2540766x.2015.v12.i2.7906
  10. Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108–117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617
  11. Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Menggunakan Bar Model pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 338–347.
  12. Salsabila, E., Rahayu, W., Anastassia, S., Kharis, A., & Putri, A. (2020). A Comparison between Generative Learning and Conventional Learning Model on Students ’ Mathematical Literacy in the 21st century. MSCEIS 2019. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296539
  13. Salsabila, E., Rahayu, W., Kharis, S. A., & Putri, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy on Students’ Metacognition in Conic Section Material. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012057
  14. Sharma, A., & Bakul Barua, P. (2015). Application of Queuing Theory in a Small Enterprise. International Journal of Engineering Trends and Technology, 27(2), 105–110. https://doi.org/10.14445/22315381/ijett-v27p218
  15. Sinulingga. (2008). Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  16. Siswanto. (2006). Operation Research (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  17. Khairunisa, W. A., & Putri, A. (2018). Studi Pola Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Di Universitas Negeri Jakarta (Kampus a) Berdasarkan Kemampuan Peta Mental Mahasiswa Pendidikan Geografi Tahun Angkatan 2016. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 3(1), 37–46.
  18. Sumardani, D., Putri, A., & Sumardani, N. I. (2020). E-Learning Utilizing Schoology : Teaching Theory of Relativity Using Online. Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa), 5(1), 48–55.
  19. Tannady, H. (2013). Simulasi Antrian: Suatu Tinjauan Konsep Pustaka. Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 6(1), 23–32. https://doi.org/10.30813/jiems.v6i1.95
  20. Tannady, H., & Adianto, E. (2017). Analisis Studi Gerakan Dan Simulasi Antrian Untuk Peningkatan Produktivitas Pada Pelayanan Servis Motor. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v2i2.485
  21. Widiantono, E., & Sukmono, T. (2018). Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Honda. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 99–106. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1297
  22. Wijaya, T., Suyoto, Y. T., & Hulu, D. (2019). Analisis dan Optimasi Sistem Antrian di Gerai Minuman Cepat Saji. Jurnal SNTI, (ISSN: 23387122).
  23. Wospakrik, H. (1996). Teori dan Soal-soal Operations Research. Bandung: Erlangga.

Full Text: Supp. File(s):
Form Keaslian Karya
Subject
Type Other
  Download (289KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-09-29
Published: 2021-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: