PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIIIA MTs DARUL HIKMAH

Dewi Sari* -  , Indonesia
Zulfa Ni'matul -  Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v4i2.992

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII MTs Darul Hikmah. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VIIIA MTs Darul Hikmah. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan diperoleh  dan , karena  maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIIIA MTs Darul Hikmah.

Supplement Files

  1. Fitri, Selviani dan Rukmono Budi Utomo. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal e-DuMath Volume 2 No. 2, Agustus 2016.
  2. Indahwati, Rohmah dan Hasan Basri. Pengaruh Penggunaan Facebook sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal silogisme Vol 2 No. 2 bulan Desember 2017.
  3. Khadijah, Siti dan Ati Sukmawati. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2013.
  4. Manurung, Sri Hariani. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Rantauprapat T.P 2014/2015. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 1 Maret 2016.
  5. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2016.

Full Text: Supp. File(s):

Subject
Type Research Instrument
  Download (187KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-05-31
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: 34 17
Citation :