PENGARUH KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Naila Malihatul Fitri* - 
Sita Rokhana Sari - 

DOI : 10.24269/silogisme.v4i2.988

Dalam  kegiatan pembelajaran dikelas, kreativitas sangat penting dalam menyelesaikan masalah padamatematika, sedangkan minat nertuuan untuk memupuk siswa agar mempunyai dorongan mengerjakan masalah terkait matematika tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Dari akumulasi kedua hal tersebut akhirnya adaah hasil dari belajar siswa.

 populasi dalam penelitian adalah siswa siswi MAN 3 Kab. Blitar dan sampelnya adalah kelas X MIA1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi berupad data sekunder dari guru dan primer dari angket data dapat dianalisa dengan pengunaan regresi linier.

Berdasarkan temuan  penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapatt pengaruh yang signifikan antara  kreativitas terhadap belajar siswa. (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi anatara minat belajar dengan hasil belajar siswa. (3) terdapat hubungan positif antara kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. maka semua siswa berpotensi dalam menyelesaikan masalah terkait matematika secara optimal dibantu dengan menumbuhkan kreativitas dan minatnya yang cenderung tidak terasah karena banyak faktor didalamnya.   

Supplement Files

Full Text: Supp. File(s):
Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Subject
Type Instrumen Riset
  Download (53KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-05-30
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: 38 23
Citation :