PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS RELAISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rahma Ika Victoria* -  IAIN Tulungagung

DOI : 10.24269/silogisme.v4i2.987

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa (2) mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, dan data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Uji hipotesis t-test, diperoleh  (taraf 5%),  ditolak, sehingga ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. 2) Besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol adalah 86% tergolong interpretasi tinggi.
Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-05-30
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: 43 27
Citation :