ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Miftahul Sugiharnik Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wahyu Anita Nurdiana SMPN 18 GRESIK

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v9i2.9166

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis menjadi suatu kemampuan sangat penting untuk dikuasai peserta didik, menjadi satu konten yang diujikan pada tes PISA. Selain itu, kemampuan ini juga berperan penting dalam proses pembelajaran. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi peluang ditinjau dari gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah satu subjek visual, satu subjek audio, dan satu subjek kinestetik pada kelas VIII dengan batasan berkemampuan matematika sama yaitu berkemampuan tinggi. Kriteria pemilihan subjek berdasar pada hasil kriteria angket gaya belajar, nilai sumatif, dan rekomendasi dari guru matematika. Temuan memperlihatkan bahwa subjek yang memiliki gaya belajar visual, audio, dan kinestetik berkemampuan yang sama baik mampu dalam menggunakan tulisan untuk mengekspresikan persoalan atau ide matematika, menggunakan tabel, diagram, atau grafik sebagai bentuk untuk menyatakan persoalan atau ide matematika secara visual, dan menggunakan bahasa sendiri untuk menginterpretasikanpersoalan atau ide matematika, serta menyimpulkan pernyataan matematika. Subjek visual dan audio mampu menyampaikan ide matematika menggunakan simbol, istilah, atau notasi matematika. Sedangkan subjek kinestetik kurang dalam menyampaikan ide matematika melalui simbol, istilah, atau notasi matematika

References

Diyastanti, A., Utami, R. E., Rasiman, & Suprihatin. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 107–119. https://doi.org/. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.660

Febriyanti, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 28–32. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.37152

Hidayah, N., Subarinah, S., Turmuzi, M., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open – ended ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa SMAN 1 Terara Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1),
842–849. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1330

Hidayati, A. D., Hendrastuti, Z. R., & Franita, Y. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 13 Magelang Ditinjau Dari Gaya Belajar Bobbi Deporter. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 176–183. https://doi.org/10.30738/union.v11i2.13112

Lestari, E. P., & Lestari, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2501–2516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2315

Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 65–77. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23087

Musdi, E., Syaputra, H., Arnellis, & Harisman, Y. (2023). Students’ Mathematics Communication Behavior: Assessment Tools and Their Application. Journal on Mathematics Education, 15(1), 317–338. https://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp317-338

Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2).

Sari, S. I., & Yuberta, K. R. (2022). Analysis of Mathematical Communication Ability in Terms of Student’s Numerical Ability. Rangkiang Mathematics Journal, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.24036/rmj.v1i2.7

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Sumarni, Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Pisa Uncertainty and Data Content. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 725–738. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6426

Tanti, Y. R., Idris, M., & Anggraini. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pendidikan MatematikaTadulako, 7(3), 303–317.

Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10

Published

2024-12-15

Issue

Section

Artikel