KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA MENGEMBANGKAN LKPD DITINJAU DARI PERSPEKTIF MEA
DOI:
https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.7930Abstract
Penerapan kurikulum Merdeka, seorang guru dituntut mengarahkan proses pembelajaran menjadi lebih inovatif, kreatif, menyenangkan, dan memerdekakan siswa untuk belajar melalui pengembangan LKPD berbasis MEA. 26 calon guru matematika terlibat dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi calon guru matematika dalam mengembangkan LKPD ditinjau dari perspektif MEA. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan calon guru yang menempuh Pendidikan di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dari calon guru ketika menempuh mata kuliah Program Pengalaman Lapangan. Data dianalisis menggunakan prosentase kompetensi calon guru berdasarkan perspektif MEA. Hasil analisis data berdasarkan indikator perspektif MEA diperoleh 76,92% calon guru belum kompeten mengembangkan LKPD dan sisanya kompeten. Akan tetapi, ada kelemahan dari LKPD yang dikembangkan oleh calon guru matematika yaitu belum memenuhi prinsip self assessment yang seharusnya ada pada LKPD dan pemberian Latihan mandiri perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut. Implikasinya perlu ada pembekalan bagi pengampu mata kuliah yang mengajarkan pengembangan LKPD untuk memperhatikan sasaran pembuatan LKPD yang memperhatikan latar belakang siswa secara keseluruhan sehingga dapat mengakomodir situasi di kurikulum Merdeka. Para pengampu mata kuliah juga perlu mengikuti perkembangan masa yang ada agar para calon guru tidak mengalami kebingungan dalam mengonstruk pengetahuan melalui petunjuk di LKPD.
References
Creswell, J., & Poth, C. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.
Hanifah, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Jannati, M., Kamsiyati, S., & Surya, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi FPB dan KPK pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 100–105.
Kaygısız, İ., & Şenel, E. A. (2023). Investigating mathematical modeling competencies of primary school students: Reflections from a model eliciting activity. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 1–24. https://doi.org/10.33902/jpr.202317062
Latif, A., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3190–3206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.968
Lusiatri, E., & Dewi, N. R. (2021). Studi Literatur : Lembar Permasalahan Berbasis Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEAs ) dengan Pendekatan Scientific mampu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional …, 4, 167–173. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44980%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/44980/18509
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.
Meisya, S., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 33. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5051
Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694
Prayitno, L. L., Purwanto, P., Subanji, S., Susiswo, S., & Mutianingsih, N. (2022). Students’ semantic reasoning characteristics on solving double discount problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 77–92. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16325
Prayitno, L. L., Purwanto, Subanji, Susiswo, & As’ari, A. R. (2020). Exploring student’s representation process in solving ill-structured problems geometry. Participatory Educational Research, 7(2), 183–202. https://doi.org/10.17275/PER.20.28.7.2
Riyanto, B., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Darmawijoyo. (2019). Senior high school mathematics learning through mathematics modeling approach. Journal on Mathematics Education, 10(3), 425–444. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.8746.425-444
Rostari, R., Irwan, I., & Yulkifli, Y. (2018). LKPD Development On MEAs Based-Approach to Improve the Mathematical Representation Ability of Grade X Students. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.24036/0010za0002
Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.176
Yasinta, P., Meirista, E., & Rahman Taufik, A. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769
Yildirim, T. P., Shuman, L., & Besterfield-Sacre, M. (2010). Model-Eliciting Activities: Assessing engineering student problem solving and skill integration processes. International Journal of Engineering Education, 26(4), 831–845
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.