KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA MENGEMBANGKAN LKPD DITINJAU DARI PERSPEKTIF MEA

Authors

  • Lydia Lia Prayitno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ninik Mutianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bayu Akbar Harmono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Iffa Waidatul Mawaddah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nur Shuhufil Ula Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eko Sugandi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amalia Chamidah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.7930

Abstract

Penerapan kurikulum Merdeka, seorang guru dituntut mengarahkan proses pembelajaran menjadi lebih inovatif, kreatif, menyenangkan, dan memerdekakan siswa untuk belajar melalui pengembangan LKPD berbasis MEA. 26 calon guru matematika terlibat dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi calon guru matematika dalam mengembangkan LKPD ditinjau dari perspektif MEA. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan calon guru yang menempuh Pendidikan di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dari calon guru ketika menempuh mata kuliah Program Pengalaman Lapangan. Data dianalisis menggunakan prosentase kompetensi calon guru berdasarkan perspektif MEA. Hasil analisis data berdasarkan indikator perspektif MEA diperoleh 76,92% calon guru belum kompeten mengembangkan LKPD dan sisanya kompeten. Akan tetapi, ada kelemahan dari LKPD yang dikembangkan oleh calon guru matematika yaitu belum memenuhi prinsip self assessment yang seharusnya ada pada LKPD dan pemberian Latihan mandiri perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut. Implikasinya perlu ada pembekalan bagi pengampu mata kuliah yang mengajarkan pengembangan LKPD untuk memperhatikan sasaran pembuatan LKPD yang memperhatikan latar belakang siswa secara keseluruhan sehingga dapat mengakomodir situasi di kurikulum Merdeka. Para pengampu mata kuliah juga perlu mengikuti perkembangan masa yang ada agar para calon guru tidak mengalami kebingungan dalam mengonstruk pengetahuan melalui petunjuk di LKPD.

Author Biographies

Lydia Lia Prayitno, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Matematika

Ninik Mutianingsih, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Mathematics Education

Bayu Akbar Harmono, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Jasmani

Iffa Waidatul Mawaddah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Matematika

Nur Shuhufil Ula, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Matematika

Eko Sugandi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Matematika

Amalia Chamidah, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pendidikan Matematika

References

Abidin, Z., Marwan, & nazariah. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 35–52.

Creswell, J., & Poth, C. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.

Hanifah, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Jannati, M., Kamsiyati, S., & Surya, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi FPB dan KPK pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 100–105.

Kaygısız, İ., & Şenel, E. A. (2023). Investigating mathematical modeling competencies of primary school students: Reflections from a model eliciting activity. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 1–24. https://doi.org/10.33902/jpr.202317062

Latif, A., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3190–3206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.968

Lusiatri, E., & Dewi, N. R. (2021). Studi Literatur : Lembar Permasalahan Berbasis Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEAs ) dengan Pendekatan Scientific mampu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional …, 4, 167–173. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44980%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/44980/18509

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.

Meisya, S., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 33. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5051

Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694

Prayitno, L. L., Purwanto, P., Subanji, S., Susiswo, S., & Mutianingsih, N. (2022). Students’ semantic reasoning characteristics on solving double discount problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 77–92. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16325

Prayitno, L. L., Purwanto, Subanji, Susiswo, & As’ari, A. R. (2020). Exploring student’s representation process in solving ill-structured problems geometry. Participatory Educational Research, 7(2), 183–202. https://doi.org/10.17275/PER.20.28.7.2

Riyanto, B., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Darmawijoyo. (2019). Senior high school mathematics learning through mathematics modeling approach. Journal on Mathematics Education, 10(3), 425–444. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.8746.425-444

Rostari, R., Irwan, I., & Yulkifli, Y. (2018). LKPD Development On MEAs Based-Approach to Improve the Mathematical Representation Ability of Grade X Students. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.24036/0010za0002

Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.176

Yasinta, P., Meirista, E., & Rahman Taufik, A. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769

Yildirim, T. P., Shuman, L., & Besterfield-Sacre, M. (2010). Model-Eliciting Activities: Assessing engineering student problem solving and skill integration processes. International Journal of Engineering Education, 26(4), 831–845

Published

2023-12-30

Issue

Section

Artikel