PENGEMBANGAN WORKSHEET BERBASIS WORKED EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.6166Abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan worksheet berbasis worked example sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Tahapan dalam penelitian ini ada 5 yaitu (1) Melakukan analisis produk yang dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan penelitian, antara lain worksheet berbasis worked example yang dikembangkan valid menurut expert appraisal dengan rata-rata skor 3,57 skala 4. Dari uji terbatas diperoleh hasil bahwa soal tes kemampuan representasi juga valid dan reliabel. Worksheet berbasis worked example yang dikembangkan juga praktis dengan rata-rata skor 3,36 skala 4. Dan hasil rata-rata nilai representasi matematis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Artinya worksheet berbasis worked example efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Dengan begitu worksheet berbasis worked example dapat dikatakan valid, praktis dan efektif
References
Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model STAD dan TPS. Plus Minus, Jurnal Pendidikan Matematika., 1(2), 315–326. https://doi.org/http://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1264
Al-Baqie, A. F. A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Dengan Menggunakan Worked Example. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Atkinson, R. K., Derry, S. J., Renkl, A., & Wortham, D. (2018). Learning from examples: Instructional principles from the worked examples research. Review of Educational Research, 70, 181–214. https://doi.org/http://doi.org/10.3102/00346543070002181
Bock, D. D., Dooren, W. V., & Verschaffel, L. (2015). Students’ understanding of proportional inverse proportional, and affine functions: two studies on the role of external representations. IJSME, 13, 47 – 69. https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-013-9475-z
Depdiknas, T. P. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Depdiknas.
Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.
Handayani, H. E. P., & Nuraeni, Z. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Pendekatan Worked Example. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.9859
Irwansyah, M., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452.
Mayer, R. E. (2002). Rote versus meaningful learning. Theory Into Practice, 41(4), 226–232. https://doi.org/http://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_4.
Moeir, T., & Geiger, V. (2015). Approach in the Teaching Of Mathematics: A Case Study of a Grade 10 Mathematics Class. The Affordances of Using a Flipped Classroom Mathematics Education Research Journal, 28(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s13394-015-0165-8
Muryanto, D. (2020). Efektivitas Worked Example Pairs Pada Pembelajaran Daerah Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. EDUMAT. Jurnal Edukasi Matematika, 11(2).
Noorfitriani, I., & Rosyid, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Worked Example. Mathline, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127.
Nuraeni, Z., Indaryanti, & Sukmaningthias, N. (2021). Using Geo-Gebra Assisted CTL Model to Increase the Student’s Mathematical Representation . 513, 588–593. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.167
Nuraeni, Z., Rosyid, A., Mahpudin, A., Suparman, S., & Andriyani, A. (2020). Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 33. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2051
Nurhamidah, A. S., & Nuraeni, Z. (2018). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somantic, Auditory, Visualization, Intellectually) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 10–24.
Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih. (2017). The Students’ Difficulties in Completing Geometry Items of National Examination. International Journal of New Trends Education and Their Implication, 8(4), 3.
Retnowati, E. (2012). Worked Examples in Mathematics. Proceedings 2nd International STEM in Education Conference Worked, 393–395.
Santosa, C. A. H. F., Rafianti, I., & Yulistiany, D. (2022). Worked-Example Method on Mathematical Problem-Solving Ability in term of Students’ Initial Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 210–220. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.33301
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2012). Cognitive load theory: explorations in the learning science, instructional systems and performance technologies. Springer.
Al-Baqie, A. F. A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Dengan Menggunakan Worked Example. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Atkinson, R. K., Derry, S. J., Renkl, A., & Wortham, D. (2018). Learning from examples: Instructional principles from the worked examples research. Review of Educational Research, 70, 181–214. https://doi.org/http://doi.org/10.3102/00346543070002181
Bock, D. D., Dooren, W. V., & Verschaffel, L. (2015). Students’ understanding of proportional inverse proportional, and affine functions: two studies on the role of external representations. IJSME, 13, 47 – 69. https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-013-9475-z
Depdiknas, T. P. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Depdiknas.
Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.
Handayani, H. E. P., & Nuraeni, Z. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Pendekatan Worked Example. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.9859
Irwansyah, M., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452.
Mayer, R. E. (2002). Rote versus meaningful learning. Theory Into Practice, 41(4), 226–232. https://doi.org/http://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_4.
Moeir, T., & Geiger, V. (2015). Approach in the Teaching Of Mathematics: A Case Study of a Grade 10 Mathematics Class. The Affordances of Using a Flipped Classroom Mathematics Education Research Journal, 28(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s13394-015-0165-8
Muryanto, D. (2020). Efektivitas Worked Example Pairs Pada Pembelajaran Daerah Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. EDUMAT. Jurnal Edukasi Matematika, 11(2).
Noorfitriani, I., & Rosyid, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Worked Example. Mathline, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127.
Nuraeni, Z., Indaryanti, & Sukmaningthias, N. (2021). Using Geo-Gebra Assisted CTL Model to Increase the Student’s Mathematical Representation . 513, 588–593. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.167
Nuraeni, Z., Rosyid, A., Mahpudin, A., Suparman, S., & Andriyani, A. (2020). Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 33. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2051
Nurhamidah, A. S., & Nuraeni, Z. (2018). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somantic, Auditory, Visualization, Intellectually) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 10–24.
Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih. (2017). The Students’ Difficulties in Completing Geometry Items of National Examination. International Journal of New Trends Education and Their Implication, 8(4), 3.
Retnowati, E. (2012). Worked Examples in Mathematics. Proceedings 2nd International STEM in Education Conference Worked, 393–395.
Santosa, C. A. H. F., Rafianti, I., & Yulistiany, D. (2022). Worked-Example Method on Mathematical Problem-Solving Ability in term of Students’ Initial Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 210–220. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.33301
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2012). Cognitive load theory: explorations in the learning science, instructional systems and performance technologies. Springer.
Downloads
Additional Files
Published
2023-12-30
Issue
Section
Artikel
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.