PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENGONSTRUKSI KONSEP LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG

Authors

  • Siti Uswatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Christine Wulandari Suryaningrum Universitas Muhammadiyah Jember http://orcid.org/0000-0002-2004-5981
  • Mohammad Fatqurohman Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i1.4941

Abstract

Penalaran matematis adalah kemampuan seseorang dalam berpikir logis untuk dapat menarik kesimpulan baru berdasarkan fakta, konsep dan sumber yang dianggap relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam mengonstuksi konsep luas daerah persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari siswa kelas 4 salah satu SD swasta di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa ketiga subjek telah mengonstruksi konsep daerah luas persegi panjang sesuai dengan indikator penalaran matematis yaitu menarik suatu kesimpulan secara logis pada kegiatan menemukan konsep luas daerah persegi panjang dengan menggambar persegi panjang dan menutupi seluruh permukaan persegi pajang dengan persegi satuan. Kegiatan memprediksi jawaban serta proses pencarian solusi dari suatu masalah, subjek memanfaatkan pola serta hubungan untuk membuat analogi, subjek menggunakan persegi satuan untuk menemukan konsep luas pesegi panjang. Pada indikator memberikan suatu penjelasan berdasarkan model, sifat-sifat, fakta, serta hubungan, subjek mengkalikan jumlah persegi satuan yang lebih panjang dengan jumlah persegi satuan yang lebih pendek yang dimisalkan sebagai panjang dan lebar persegi panjang. Pada tahap menganalisis suatu situasi serta membuat generalisasi, subjek menemukan rumus luas persegi panjang serta memeriksa kembali kebenaran dari hasil pekerjaannya untuk lebih memastikan lagi bahwa hasil pekerjaannya sudah dapat dibuktikan kebenarannya

References

Arianto, A. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Gayamsari 02 Di Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(2), 136. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3327

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di SMA NEGERI 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131–143.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210–2018. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Jeannotte, D., & Kieran, C. (2017). A conceptual model of mathematical reasoning for school mathematics. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9761-8

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Napitupulu, E. E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating upper secondary students’ mathematical reasoning-ability and attitude towards mathematics through problem-based learning. Journal on Mathematics Education, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3542.117-128

Nashihah, D., Sulianto, J., & Asri Untari, M. F. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Iv Sd Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 203. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17628

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Rahayu, Y. M., & Fauziah, A. N. M. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau dari Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Materi Kalor. E-Journal Unesa, 05(02), 138–146.

Rahmawati, D. I., & Pala, R. H. (2017). Kemampuan Penalaran Analogi Dalam Pembelajaran Matematika. Euclid, 4(2), 717–725. https://doi.org/10.33603/e.v4i2.317

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585

Raihan, S. S., Bahri, S., Matheducation, J., & Vol, N. (2022). Analisis Hasil Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP-IT Darul Istiqlal. 5(1), 51–59.

Safitri, A. I. (2021). Konstruksi Konsep Fungsi Matematis Bagi Siswa Sma. 2(3), 149–165.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sobur, K. (2015). Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 387–414. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.28

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (E. F. Hidayati (ed.); 1st ed.). Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Malang.

Sudarwanto, S., & Hadi, I. (2014). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Sarwahita, 11(1), 32. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.06

Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.608

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Additional Files

Published

2023-06-08

Issue

Section

Artikel