ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA SD NEGERI 1 LALOLAE

tahir tahir* -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Marniati Marniati -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI : 10.24269/silogisme.v6i2.4138

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa dan miskonsepsinya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Dengan siswa kelas V SD Negeri 1 Lalolae yang berjumlah 22 orang siswa menjadi subjek penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebanyak 45% dari 22 orang siswa SD Negeri 1 Lalolae memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat rendah. Dengan rata-rata nilai kemapuan pemahaman konsep berada pada kategori rendah. Dimana mayoritas siswa lemah dalam indicator Mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Selanjutnya siswa juga manyoritas masih mengalami miskonsepsi dengan 41% siswa berkategori rendah dan 55% siswa berkategori sedang hal ini menunjukkan bahwas siswa SD Negeri 1 Lalolae masih mengalami miskonsepsi. dari hasil analisis silang diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan konsep sangat rendah juyga memiliki miskonsepsi yang kategori rendah atau mengalami miskonsepsi yang tinggi
Keywords
Needs Analysis, ingredients, mathematical
  1. Adiansyah Syahrul, D., Setyarsih Jurusan Fisika, W., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03), 67–70.
  2. Aini, S. N., & Wiryanto. (2020). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal Kelas V Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(2), 341–351.
  3. Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
  4. Elfi Rahmadhani, Septia Wahyuni, L. M. (2021). MATEMATIKA BERORIENTASI REACT DAN STEM IAIN Takengon , Aceh Tengah , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pemahaman merupakan suatu kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari , seperti menafsirkan , menjelaskan atau meringkas se. Aksioma, 10(2), 615–629. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2986/pdf
  5. Elza Nora Yuliani, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
  6. Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
  7. Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Rajawali.
  8. Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Pada Soal Cerita Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika, Dan Sains, 4(2), 153–168.
  9. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
  10. Melinda Rismawati, A. S. R. H. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PGSD STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(January), 6. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/17/13
  11. Moleong., L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mulyani, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Tes Four-Tier Pada Materi Aritmetika Sosial. Wilangan: Jurna Inovasi Dan Riset Pendidika Matematika, 1(1), 79–86. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
  13. Noviyana, N. (2017). ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. http://repository.radenintan.ac.id/2038/
  14. Rahmah, N., Dassa, A., & Ramdani, R. (2019). SIGMA ( Suara Intelektual Gaya Matematika ) Analisis Miskonsepsi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas VIII SMP Buq ’ Atun Mubarakah Kota Makassar. 11, 143–151.
  15. Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, 1, 810–813.
  16. Tahir, T. (2021). The Effect of Learning Styles on Students’ Mathematical Communication Ability. Journal of Maldives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 13. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1378
  17. Utari, G. P., & Liliawati, W. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalormenggunakan four tier diagnostic test di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 0, 86–98.
  18. Wulandari, D. P. (2010). Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan pendekatan problem posing. Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing, 2.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-27
Published: 2022-01-02
Section: Artikel
Article Statistics: