PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DIFFERENSIAL UNTUK MAHASISWA TEKNIK

Rofiroh Rofiroh* -  Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
Frena Fardillah - 

DOI : 10.24269/silogisme.v5i2.3051

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Mahasiswa Problem Based Learning (LKM PBL). Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu preliminary research phase (fase penelitian awal), development or prototyping phase (fase pengembangan), dan assesment phase (fase penilaian). Subjek penelitian adalah 30 Mahasiswa Semester 3 Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang. Kesimpulan yang diperoleh LKM PBL layak digunakan dengan hasil validasi ahli teknik dan ahli matematika adalah 2,97 kriteria baik juga 3,5. Hasil angket respon mahasiswa adalah 3,48 dengan kriteria sangat baik. Keefektifan LKM dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa diperoleh 70% dengan kriteria baik.
Keywords
Lembar Kerja Mahasiswa; Problem Based Learning; Persamaan Differensial.
  1. Baran, M., & Maskan, A. kadir. (2010). The effect of project-based learning on pre-service physics teachers’ electrostatic achievements. Cypriot Journal of Educational Sciences, 5(4), 243–257.
  2. Brown, M. W. (2009). The teacher-tool relationship: Theorizing the design and use of curriculum materials. In Mathematics teachers at work connecting curriculum materials and classroom instruction. New York, NY : Routledge.
  3. Bukhori, B. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL berorientasi pada penalaran matematis dan rasa ingin tahu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 133–147. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21169
  4. Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran problem-based learning berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan inisiatif siswa. 11. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-11. doi: https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052
  5. Depdiknas, D. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta.
  6. Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan maslaah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259. https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116
  7. Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Project-Based Learning (PBL) affect high, middle, and low achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089–1113. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9526-0
  8. Levin, B., B. (2001). Energizing teacher education and professional development with problem-based learning. Virginia. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
  9. Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy. PHYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 11.
  10. McArdle, G. E. H. (2011). Instructional design for action learning. New York: American Management Association.
  11. Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771 Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu. konsep strategi dan implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Tseng, K.-H., Chang, C.-C., Lou, S.-J., & Chen, W.-P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x
  13. Widjajanti, D. B. (2009). Mengembangkan keyakinan (belief) siswa terhadap matematika melalui pembelajaran berbasis masalah. In Makalah KNPM3 2009 (Vols. 1–23, pp. 87–102). Universitas Negeri Yogyakarta: International Journal of Technology and Design Education.
  14. Wondo, M. T. S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14056

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-09-25
Published: 2021-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: 65 39
Citation :