BERFIKIR KREATIF DALAM MATEMATIKA

Authors

  • Faradisa Hanany Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Sumaji Sumaji

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2888

Abstract

Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam matematika dengan menghasilkan suatu gagasan, ide-ide dan informasi yang beragam dalam suatu permasalahan matematika dengan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kefasihan, aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan. Kemudian diharapkan bagi siswa untuk mampu mengikuti pola berfikir kreatif sesuai dengan perkembangan jaman informasi dan tekhnologi yang pada saat ini berkembang semakin pesat.

References

Arifin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternatif Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2).
Haylock, D. (1997). Recognising mathematical creativity in schoolchildren. ZDM, 29(3), 68-74.
Hidayat, W. (2012, June). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). In Seminar Nasiona Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative tasks to improve critical and creative thinking skills. from Developing Mathematical reasoning in Grades K-12. 138-145.
Leung, Shukkwan S. (1997). "On the Role of Creative Thinking in Problem posing”. http://www. fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997). Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.
Mc Gregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press Nohda, N. 2000. A Study of “Open-Approach” Method in School Mathematics Teaching. Paper Presented at the 10th ICME, Makuhari, Japan.
Munandar, U. (1999). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Departemen Pendidikan & Kebudayaan. Silver, Edward A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.
Silver, Edward A and Cai, Jinfa. (1996). ”An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students”. Journal For Research In Mathematics Education, Volume 27. No. 5, p. 521-539.
Siswono, T. Y. (2004). Identifikasi proses berfikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah (problem posing) matematika berpadu dengan model wallas dan creative problem solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, 1-16.
Siswono, T. Y. (2011). Level of students crative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548-553.
Yanti, Y. A. (2018). Yanti, Yatim Ardika. (2018). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Membelajarakan Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (Kuadrat-Kuadrat) di SMA. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahu. SKRIPSI Jurusan Matematika-Fakultas MIPA UM.

Published

2021-01-31

Issue

Section

Artikel