INTERSEKSI BERPIKIR KRITIS DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Yayuk Susilowati* -  , Indonesia
Sumaji Sumaji -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i2.2850

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui interseksi antara berpikir kritis dengan High Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan Taksonomi Bloom. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan kajian secara mendalam mengenai indikator berpikir kritis dan indikator HOTS berdasarkan Taksonomi Bloom. Indikator berpikir kritis meliputi analisis, evalusai, dan argument lebih lanjut. Dengan berpikir kritis siswa akan mampu mengidentifikasi, menganalisis serta mengkaji suatu permasalahan secara tajam sehingga mampu menemukan ruang untuk mencari solusi terbaik dari masalah tersebut. Hal ini tidak menutup kemungkinan siswa akan menemukan bahkan menciptakan solusi yang baru yang belum diketahui sebelumnya. Dengan demikian ide-ide baru akan selalu muncul dan membuat siswa menjadi lebih kreatif. Sejalan dengan berpikir kritis, HOTS dalam Taksonomi Bloom memiliki beberapa indikator meliputi analisis, evaluasi, dan mencipta. Dengan memiliki HOTS siswa secara otomatis akan melakukan kegiatan analisis dan evaluasi secara mendalam sehingga siswa akan mampu melihat suatu permasalahan dengan sudut pandang yang berbeda dengan biasanya, sehingga mampu menciptakan suatu solusi baru dari permasalahan tersebut secara efektif dan tepat. Dari indikator berpikir kritis dan HOTS menunjukkan bahwa keduanya memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan tersebut menunjukkan bahwa keduanya memiliki interseksi satu dengan yang lainnya. Interseksi tersebut meliputi analisis dan evaluasi. Selain itu berpikir kritis juga merupakan awal terbentuknya kemampuan berpikir kreatif yang merupakan indikator teratas dari berpikir tingkat tinggi berdasarkan Taksonomi Bloom.

Supplement Files

Keywords
Critical Thinking, HOTS, Bloom’s Taxonomy
  1. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pitrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
  2. As’ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) melalui Matematika. UM.
  3. Herzon, H. H., Utomo, D. H., & Malang, G. U. N. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning ( PBL ) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. 42–46.
  4. Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. TAMAN CENDEKIA, 133(11).
  5. Husna Nur Dinni. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 170–176.
  6. Kusainun, N., Kidul, S., & Dasar, S. (2019). Relevansi Materi Pokok Matematika Pada Tema 1 Kelas I Sd Dengan Hots ( Higher Order Thinking Skills ). 6(1).
  7. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 155–158.
  8. Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi. (2018). Higher Order Thinking (HOT) Problems To Develop Critical Thinking Ability And Student Self Efficacy In Learning Mathematics Primary Schools. SHEs, 1(Snpd), 917–925.
  9. Widana, & Wayan, I. (2017). Modul Penyusunan Masalah HOTS Tahun 2017.
  10. Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. ERZATAMA KARYA ABADI.

Full Text: Supp. File(s):
STATEMENT OF AUTHENTICITY
Subject
Type Other
  View (75KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-07-20
Published: 2021-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: 263 235
Citation :