PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA MATERI SPLDV

Winda Putri Novyani* -  , Indonesia
Fatriya Adamura -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Swasti Maharani -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i2.2715

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) matematika berdasarkan masalah open-ended pada materi SPLDV.Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI Wonoasri pada kelas X Multi Media dengan mengacu pada model pengembangan 4D sampai pada tahap ketiga, yaitu define, design, and develop.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah lembar validasi LKS untuk mengetahui kevalidan LKS yang dikembangkan lembar validasi angket respon untuk mengukur kepraktisan LKS, dan soal soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan LKS. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : 1) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari angket validasi LKS mencapai 88,2% 2) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil rat-rata yang diperoleh dari angket respon siswa pada uji coba lapangan mencapai 92%3) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa pada uji coba lapangan mencapai 77,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS Matematika berdasarkan masalah open-ended pada materi SPLDV kelas X Multi Media tahun ajaran 2018/2019 yang dikembangkan oleh oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Supplement Files

Keywords
Student Worksheet; Based on Problem; Open Ended; System of Linear Equation with Two Variables
  1. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  2. Juwita, R., Utami, A. P., Utami, A. P.,& Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Open-EndedUntuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 35-43.
  3. Melianingsih N,& Sugiman. (2015). Keefektifan Pendekatan Open Ended Dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 211-223.
  4. Suhandri. ( 2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir KreatifMatematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Gamatika, 140-146.
  5. Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Roksdakarya.
  6. Rif'at, Suryana., & Zubaidah. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMP. Jurnal Pengembangan Matematika, 1-9.
  7. Trianto, (2011). Modendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif : Prenada Media.

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (44KB)    Indexing metadata
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (33KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-06-06
Published: 2021-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: 101 42
Citation :