ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR MODEL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN NEA (NEWMAN'S ERROR ANALYSIS)

Leni Susilawati* -  Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
Nur Farida -  Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia
Yuniar Ika Putri Pranyata -  Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i1.2577

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Malang dalam menyelesaikan soal aljabar model PISA pada konten change and relationship berdasarkan NEA (Newman’s Error Analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 5 Malang yang berjumlah 34 peserta didik untuk menyelesaikan tes soal aljabar model PISA pada konten Change and Relationship. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesalahan peserta didik dianalisis berdasarkan tahapan NEA (Newman,s Error Analysis) yang terdiri dari lima tahapan kesalahan, yaitu tahap kesalahan membaca (Reading Error), tahap kesalahan memahami masalah (Comprehension Error), tahap kesalahan transformasi (Transformation Error), tahap kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan tahap kesalahan penulisan (Encoding Error). Hasil penelitian dipilih 6 subjek berdasarkan kategori acak yang diperoleh rata-rata kesalahan peserta didik terhadap tahapan NEA (Newman Error Analysis) adalah (1) kesalahan membaca (Reading Error) 0%, (2) kesalahan memahami masalah (Comprehension Error) 67%, (3) kesalahan transformasi (Transformation Erros) 33%, (4) kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) 50% dan (5) kesalahan penulisan jawaban (Encoding Error) 78%. Berdasarkan hasil temuan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik masih melakukan kesalahan pada kesalahan memahami masalah (Comprehension Error), kesalahan transformasi (Transformation Erros), kesalahan keterampilan proses (Process Skill Error) dan kesalahan penulisan jawaban (Encoding Error).

Supplement Files

Keywords
Error analysis, Change and Relationship content, the NEA (Newman’s Error Analysis) stage.
  1. Ekayanti, A. 2017. Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa, 6(1), 105–116.
  2. Indahwati, Rohmah. 2017. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal INOVASI, 19 (2): 1-7.
  3. Murtiyasa, B. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS 2015, (3), 28–47.
  4. Nasriadi, A., & Kemala Sari, I. 2017. Kemampuan Siswa Memecahkan Soal Setara Pisa Konteks
  5. Pekerjaan : Studi Pengembangan Soal Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa, 3(2), 223– 238.
  6. Novia, C. E., Wahyuni, R., & Husna, N. 2017. Efektivitas Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 12 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(September), 78–83.
  7. Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong’S Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II SMP It Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174– 187.
  8. Oktaviana, D. 2017. Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 5(2), 22–32.
  9. Puspita, N., & Setyaningsih, N. 2016. Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar di Tinjau dari Taksonomi Solo di SMP Negeri 1 Sambi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 1 Prosiding, 1–7.
  10. Rahayu, Puspita Ningsih dan Abdul Qohar. 2014. “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Lineer Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Anaslisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang”.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II.No. 2.
  11. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
  12. Yolandia, Y. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematisnya pada Materi Lingkaran. Artikel Ilmiah: Pendidikan Matematika FKIP UNJA, Hal: 1-13.
  13. Zaidy, F., & Lutfianto, M. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1(0), 297–303.

Full Text: Supp. File(s):
Declaration of Authenticity of Scientific Work
Subject
Type Other
  View (66KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-04-15
Published: 2020-06-11
Section: Artikel
Article Statistics: 114 80
Citation :