BERBAGAI MODEL DARI RASIO KEUANGAN TERHADAP KEUNTUNGAN PER PERIODE PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK

Rukmono Budi Utomo* -  Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i1.2575

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai model pengaruh rasio keuangan terhadap keuntungan per periode PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau yang dikenal dengan Bank BTN (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan prediksi berbagai model yang meliputi model linier, logaritmik, kuadratik, eksponensial dan logistik. Langkah penelitian ini dilakukan dengan memasukan masing-masing variable bebas rasio keuangan yang meliputi ROA, ROE, OPM, NPM, dan Yield dan varibel tak bebas yakni keuntungan per periode Bank BTN (Persero) Tbk ke dalam SPSS untuk selanjutnya diolah sehingga diperoleh berbagai model yang tepat yang menjelaskan pengaruh masing-masing rasio keuangan terhadap keuntungan per periode Bank BTN (Persero), Tbk. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk varibel ROA, ROE dan Yield,model yang digunakan cenderung model kuadratik. Selanjutnya untuk Variabel OPM, model yang digunakan cenderung model logistik. Selanjutnya untuk variabel NPM, cenderung menggunakan model eksponensial.

Supplement Files

Keywords
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Finance Ratios, Profit Per Period, Statistics Model
  1. Anonim. t.t. “Bank BTN.” Diambil 3 Desember 2019 (https://Wikipedia.org).
  2. Hapsari, Epri Ayu. 2007. “Analisis Rasio Keuangan Untuk Memperdiksi Pertumbuhan Laba (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2001 Smpai Tahun 2005).” Universitas Diponegoro.
  3. IEFR. 2013. Laporan Perusahaan PT Bank BTN (Persero), Tbk. ICMD.
  4. Juliana, Roma Uly, dan Sulardi. 2003. “Manfaat Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur.” Jurnal Bisnis dan Managemen 3(2).
  5. Takarini, Nurjanti, Ekawarni, dan Erni. 2003. “Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Pasar Modal Indonesia.” Ventura 6(3).
  6. Utomo, Rukmono Budi. 2017a. “Model Matematika Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Persentase Laba Perusahaaan Manufaktur Dengan Menggunakan Metode Dekpomposisi Lower- Upper Gauss.” Jurnal Gammath 2(1).
  7. Utomo, Rukmono Budi. 2017b. “Model Regresi Persentase Keuntungan Perusahaan Manufaktur Ditinjau Dari Faktor Rasio Keuangan Berdasarkan Data ICMD.” Jurnal Silogisme 2(1).
  8. Utomo, Rukmono Budi. 2018. “Perbandingan Keakuratan Model Regresi Menggunakan Metode Dekomposisi LU Gauss dan Backward.” Jurnal Silogisme 3(2).
  9. Utomo, Rukmono Budi. t.t. “Model Regresi Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pendapatan Bersih PT Bank Central Asia (BCA) Tbk.” Jurnal Silogisme 4(1).

Full Text: Supp. File(s):
Declaration of Authenticity of Scientific Work
Subject
Type Other
  View (64KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-04-14
Published: 2020-06-11
Section: Artikel
Article Statistics: 170 113
Citation :