ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Asnath Fransina Tonda* -  Kanjuruhan Malang, Indonesia
Vivi Suwanti -  Kanjuruhan Malang, Indonesia
Tatik Retno Murniasih -  Kanjuruhan Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i1.2537

Kesalahan konsep adalah kesalahan yang dilakukan siswa tentang pemahaman konsep matematika ketika siswa menyelesaikan soal operasi aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penyebab kesalahan konsep matematika yang dialami siswa berdasarkan gaya belajar dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan sifatnya deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan yaitu sebanyak 3 orang siswa yang bergaya belajar kinestetik salah dalam menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, sebanyak 3 orang siswa yang bergaya belajar auditori salah dalam mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, sebanyak 3 orang siswa yang bergaya belajar visual salah dalam menyajikan konsep dalam berbagai representasi. Dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya belajar visual yaitu siswa tidak dapat menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya belajar auditori yaitu siswa tidak dapat mengelompokan suku-suku yang sejenis, dan jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya belajar kinestetik yaitu siswa salah dalam menentukan variabel, koefisien dan konstanta.

Supplement Files

Keywords
Concept Mistakes, Algebra Operations, Learning Styles.
  1. Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Ilmiah Edutic, 4(1), 2–7. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3389/pdf
  2. Febriyanyo, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  3. Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Tabularasa PPS UNIMED, 9(2), 141–158. https://doi.org/10.1117/1.3653235
  4. Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
  5. Pujiati, Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2278/1369
  6. Rahayuningsih, P. dan Qohar, A. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman (Studi Kasus Smp Bina Bangsa Surabaya). Jurnal: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, No. 2.
  7. Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
  8. Reskia, S., Herlina, & Zulnuraini. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn Inpres 1 Birobuli. Media Publikasi Ilmiah P Rodi P GSD, 2(2), 82–93.
  9. Rosyida, E. M., Riyadi, R., & Mardiyana, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(10), 973–981. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/10026
  10. Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3072/2309
  11. Sari, T. A. I., Rasiman, & Buchori, A. (2019). Proses Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pokok Bahasa Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Retrieved from http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/68

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Other
  Download (279KB)    Indexing metadata
Surat Keaslian Karya
Subject
Type Other
  View (63KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-04-01
Published: 2020-06-11
Section: Artikel
Article Statistics: 294 183
Citation :