MACROMEDIA FLASH DALAM PEMANFAATAN EZCAST PADA MATAKULIAH TEORI BILANGAN DI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Dyah Ayu Sulistyaning Cipta* -  IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
Raras Kartika Sari -  IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v4i2.1814

Paperless yang sedang nyaring digaungkan menuntut dosen untuk menemukan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang tadinya berjibaku dengan kertas, mau tidak mau harus diubah dengan menggunakan model pembelajaran yang menghemat kertas. Pada Program Studi Pendidikan Matematika, khususnya Matakuliah Teori Bilangan, hal ini bukan perkara mudah. Matakuliah yang banyak menggunakan teorema, hitung menghitung dengan kegiatan coret mencoret dalam lembaran-lembaran kertas tersebut harus diubah agar hanya menggunakan kertas seminimal mungkin. Mendukung hal tersebut, IKIP Budi Utomo Malang menyiapkan EzCast dan TV LED di ruang kelas. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan perangkat tersebut dengan menggunakan program Macromedia Flash. Selanjutnya, media pembelajaran audiovisual yang dibuat dengan Macromedia Flash ini digunakan di ruang kelas dengan bantuan EzCast dan TV LED pada matakuliah Teori Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carrey. Penelitian dilakukan pada semester ganjil 2018/2019 kepada sebanyak 40 mahasiswa yang sedang menempuh Matakuliah Teori Bilangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran audiovisual dengan menggunakan Macromedia Flash yang ditayangkan dengan bantuan EzCast dan TV LED di ruang kelas dapat mendukung program paperless pada matakuliah Teori Bilangan. Model pembelajaran yang sedang dikembangkan ini rupanya mematahkan statement bahwa belajar Teori Bilangan harus selalu menghabiskan banyak kertas.

Keywords
papaerless, teori bilangan, macromedia flash, ezcast
  1. Ehlers, et al. 2018. Ultrawide−field Retinal Selfie by Smartphone, High-definition Television, and a Novel Clip-On Lens. Ophthalmology. American Academy of Ophthalmology, (online), (https://www.aaojournal.org/article/S0161-6420(18)30613-4/pdf) diakses 11 Juli 2019.
  2. Actions Microelectronics Co., Ltd. 2019. Ezcast. (online), (https://www.ezcast.com/, diakses 12 Juli 2019)
  3. Fahmi, Syariful, Marsigit. 2014. Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 90-98.
  4. Masykur, Rubhan, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. UIN Raden Intan Lampung, (online), (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/1564) diakses 11 Juli 2019
  5. Nugroho, Aryo Andri. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui E-Learning pada Mata Kuliah Teori Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Semarang, (online), (http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/556/511) diakses 10 Juli 2019.
  6. Nurrahmah, Arfatin, Abdul Karim. 2018. Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis pada Matakuliah Teori Bilangan. Jurnal Edumath. STKIP Pringsewu, (online), (https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/.../753/356) diakses 9 Juli 2019.
  7. Nurul. 2014. Peranan Tablet dalam Implementasi Paperless Office. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya. Universitas Pembangunan Jaya, (online), (https://ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/download/.../6) diakses 9 Juli 2019.
  8. Rachmawati, Indah Wahyu, Rubono Setiawan. 2018. Analisis Gabungan Strategi Memilih Notasi yang Tepat dan Membentuk Masalah yang Setara dalam Menentukan Sisa Pembagian. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). Universitas Sebelas Maret, (online), (https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/download/20714/16308) diakses 10 Juli 2019.
  9. Setyono, Tuhu., dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian. Universitas Pasir Pengaraian, (online), (http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/805/844) diakses 9 Juli 2019.
  10. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kulaitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Taufiq, Muhamad, dkk. 2016. Efektivitas Penerapan Electronic Portofolio pada Perkuliahan Praktikum IPA Dasar untuk Mendukung Kebijakan Paperless. Indonesian Journal of Conservation. Universitas Negeri Semarang, (online), (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/.../6867) diakses 10 Juli 2019
  12. Wardani, Rizal Dwi, Mohamad Shobri. 2019. Penerapan Teori Bilangan untuk Menentukan Kongruensi pada Lampu Lalu Lintas. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Universitas Pattimura, (online), (https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/barekeng/article/.../697/693/) diakses 12 Juli 2019
  13. Wijayanta, Fajar Wisnu. 2015. Pengaruh Tes Paperless dan Paper and Pencil Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Persiapan Pembuatan Dokumentasi Audio Video Ditinjau dari Kemandirian Siswa: Studi Eksperimen di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Universitas Negeri Surabaya, (online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-prak/article/view/13573/4820) diakses 11 Juli 2019.
  14. Wikipedia. (2018). “Ezcast”, (online), (https://en.wikipedia.org/wiki/EZCast, diakses 29 November 2018).
  15. Wirasasmita, Rasyid Hardi, Muhammad Zamroni Uska. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (EPUB) Menggunakan Software Sigil pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Informatika. Universitas Hamzanwadi, (online), (e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/.../466) diakses 11 Juli 2019.
  16. Yogayanti, Farikhahsari, dkk. 2017. Penerapan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Universitas Sebelas Maret, (online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/viewFile/10626/7911) diakses 9 Juli 2019

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-07-12
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: 47 31
Citation :