ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEURISTIK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AN-NUR GALUK

Nila Sandra Dewi Arini* -  FPMIPA IKIP PGRI BOJONEGORO, Indonesia
Junarti Junarti -  IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
Anita Dewi Utami -  IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v5i1.1792

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menedeskripsikan analisis pengambilan keputusan heuristik siswa dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari kecemasan matematika pada siswa.  Penelitian ini dilakukan di MTS An-Nur Galuk pada siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel bertujuan (Purposive Sample) yaitu pengambilan sampel dengan melihat hasil tes tulis analisis level pemahaman dengan subyek KMST1, KMST2, KMT1, KMST2, KMR1, KMR2, KMSR1, dan KMSR2. Analisis data menggunkan metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data (Data Triangulation) dan triangulasi metodologis (Methodological Triangulation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat tinggi tidak mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristik siswa. (2) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu memenuhi dua kriteria dari satu indikator pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability. (3) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika rendah subjek mampu memenehui tiga indikator dari kemampuan pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability, representas, dan anjustment. (4) Subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat rendah mampu memenuhi seluruh kriteria dari masing-masing indikator pengambilan keputusan heuristik siswa yaitu availability, representas, anjustment, dan anchouring.

Supplement Files

Keywords
Heuristic Decision Making Analysis, Math Anxienty, Algebra
  1. Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxienty) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 125–132.
  2. Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Asha, I. K., & Al-Hawi, A. M. (t.t.). The Impact of Cooperative Learning on Developing the Sixth Grade Students Decision-Making Skill and Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 7(10), 60–70.
  4. Aunurrofiq, M., & Junaedi, I. (2017). Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 157–166.
  5. Ekawati, & Aminah. (2015). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendididkan Matematika, 1(3), 164–169.
  6. Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendididkan, 1(22), 74–79.
  8. Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 23–34.
  9. Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Waluya, S. B., & Rochmad. (t.t.). The Analysis of Heuristick Decision Making in Abstract Algebra Proofing. 1321, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022059
  10. Lahinda, Y., & Jailani. (2015). Analisis Riset Pendidikan Matematika Siswa Sekolah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161.
  11. Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.
  12. Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  13. Mousley, J. (2005). What Does Mathematics Understanding Look Like ? Melbourne: Deakin University.
  14. Ozen, Y. (2016). Investigeting the Decision Heuristics of Candidate Teachers Who are Different in Their Responsibility Controls. Universal Journal of Education Research, 4(7), 1744–1749.
  15. Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh (Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Darussalam- Banda Aceh). Diambil dari Skripsi tidak diterbitkan.
  16. Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122–131.
  17. Suci, V. W., & Purnomo, Y. W. (2016). Hubungan Antara Konsepsi Penilaian dan Kecemasan Siswa Sekolah Dasar di Kelas Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 48–60.
  18. Utami, A. D. (2018). Six Levels of Indonesian Primary School Students’ Mental Model in Comprehending the Concept of Integer. International Journal of Instruction, 11(4), 29–44.
  19. Utami, A. D. (2019). Students’ Pre-Initial Mental Model: The Case of Indonesian First-Year of College Students. International Journal of Instruction, 12(1), 1173–1188.
  20. Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. (Universitas Negeri Yokyakarta). Diambil dari Tesis Tidak Diterbitkan.
  21. Winarso, W. (2014). Problem Solving, Creativity dan Decision Making dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–16.
  22. Zulkarnain, I., & Pinasti, I. S. (2017). Ketertarikan Remaja Terhadap Komunitas Punk Di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(4), 1–15.

Full Text: Supp. File(s):
Declaration of Authenticity of Scientific Work
Subject
Type Other
  View (67KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2019-07-02
Published: 2020-06-11
Section: Artikel
Article Statistics: 58 74
Citation :